Jangan Pakai Parfum Mobil Sembarangan, Bisa Bikin Embusan AC Bau Asem

Abdul Aziz Masindo - Senin, 6 Juni 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi menyalakan AC mobil
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi menyalakan AC mobil

Otoseken.id - Parfum atau pewangi di mobil memang bisa bikin nyaman pengemudi dan penumpang di dalam kabin karena wanginya.

Namun penggunaan parfum yang salah justru malah bikin embusan AC bau asem walaupun suhu AC tetap dingin, tentu saja bau asem yang ditimbukan ini bikin enggak nyaman.

Bau asem ini diakibatkan dari penggunaan parfum yang sudah lama tidak diganti inilah biang keladi munculnya bau asem di embusan AC.

"Kalau parfum yang terlalu lama enggak diganti bisa bikin AC bau asem dan bau apek, parfum itu kan pakai bahan dasar parafin, parafin itu seperti lilin, yang menguap dan menempel," buka Thayne Finsenda Lika atau yang akrap disapa Ko Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia.

"Kalau embusan AC sudah bau asem dan apek, solusinya dengan cuci evaporator dan blower-nya," lanjutnya saat diwawancarai di Dokter Mobil Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selain parfum, bau yang tidak sedap juga disebabkan dari asap rokok, zat kimia dari rokok dapat meninggalkan bau yang tidak sedap.

Sayangnya, masih kata Ko Lung Lung, bau rokok yang ditimbulkan akan sulit hilang terlebih jika sudah menepel di plafon, selain meninggalkan bau, asap rokok di plafon juga meninggalkan bercak hitam yang sulit untuk dihilangkan.

"Kalau bau asem dari zat parfum gampang dihilangkan, tapi kalau bau dari rokok sulit, makanya sebaiknya jangan merokok di dalam mobil," tutupnya.

Baca Juga: Bikin Enggak Dingin, Penyebab Evaporator AC Mobil Berlendir, Ini Solusinya

 


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa