Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Malas Cuci AC Mobil Kalau Evaporator AC Enggak Mau Begini

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 12 Juni 2022 | 14:16 WIB
Cuci evaporator di Dokter Mobil
Istimewa
Cuci evaporator di Dokter Mobil

Otoseken.id - Jangan Malas lakukan perawatan AC mobil dengan menuci beberapa komponen AC mobil, salah satunya evaporator.

Pasalnya, salah satu komponen ini jika tidak pernah dicuci akan timbul lendir pada bagian evaporator AC mobil.

Thayne Finsenda Lika atau yang akrap disapa Ko Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia mengatakan, kondisi iklim di Indonesia ditambah kotoran, jadi penyebab evaporator AC mobil timbul lendir.

"Yang membuat evaporator berlendir adalah jarang dicuci, berlendir sudah pasti, karena cuaca lembab dan banyak seperti spora karena basah dia nempel jadi berlendir," kata Pria yang akrab disapa Ko Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia.

Masih kata Ko Lung Lung, jika evaporator dibiarkan berlendir dalam jangka waktu lama, bisa menyebabkan evaporator keropos dan bocor.

Penampakkan evaporator AC mobil yang kotor dan berlendir
Istimewa
Penampakkan evaporator AC mobil yang kotor dan berlendir

"Keporos dan bocor di evaporator karena kotoran dan lendir yang menempel terlalu lama, dia bisa mengekis pelan-pelan," lanjutnya saat diwawancarai di Dokter Mobil Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Indikasi atau gejala evaporator AC mobil yang berlendir adalah suhu di kabin kurang dingin akibat embusan angin AC yang terhambat.

Untuk itu, ia menyarankan untuk lakukan cuci AC minimal 3 bulan sekali, dan lakukan servis besar minimal 1 tahun sekali.

"Sering dicuci minimal 3 bulan sekali, kalau servis besar minimal 1 tahun sekali, servis besar itu mencakup ganti oli kompresor," saran Ko Lung Lung.

Di Dokter Mobil, Servis AC mencakup ganti oli kompresor, cuci evaporator, cuci kondensor, cuci blower AC, fogging, dan ganti filter AC.

"Biayanya kalau cuci AC Rp biayanya Rp 350 ribu sampai Rp 900 ribu, kalau servis AC mulai Rp 1,2 juta sampai Rp 2,4 juta," tutup Thayne Finsenda Lika atau yang akrap disapa Ko Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia.

Baca Juga: Jangan Pakai Parfum Mobil Sembarangan, Bisa Bikin Embusan AC Bau Asem

 

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa