Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Transmisi Matik Toyota Calya Bisa Awet, Kuncinya Hanya Ini

Dok Grid - Kamis, 30 November 2023 | 17:05 WIB
Toyota Calya
GridOto.com
Toyota Calya

Otoseken.id - Di kota-kota besar dengan lalu lintas yang sering macet, mobil dengan transmisi otomatis paling banyak diminati, tentu saja alasannya karena penggunaan mobil otomatis lebih nyaman ketimbang manual.

Jika di mobil manual koling diinjak oleh pengemudi, di transmisi otomatis, Komponen untuk memutus dan menuruskan aliran tenaga ini diatur oleh Torque Conventer.

Nah tekanan oli di transmisi matik diatur dari hydraulic control unit yang sekaligus untuk mengontrol kopling.

Agar usia transmisi matik Toyota Calya awet, kunci utamanya adalah dengan rutin mengganti oli transmisi matik secara berkala. 

Sebab oli transmisi punya peran penting, bukan hanya sebagai pelumas di dalam gearbox transmisi, tapi juga berperan untuk menjaga suhu transmisi dan menjaga keausan komponen transmisi.

Baca Juga: Segini Angka Konsumsi BBM Toyota Calya Facelift, Pilihan LCGC Irit 

Ilustrasi memindahkan tuas transmisi matik
Youtube GridOto Tips
Ilustrasi memindahkan tuas transmisi matik

"Kalau untuk Toyota Calya saran saya akan lebih baik jika ganti oli setiap 30.000 kilometer maksimal 40.000 kilometer, apalagi yang rutenya sering kena macet, itu kan mencapai kilometernya lebih lama," buka Affan Rasyid Baharuddin owner bengkel spesialis Toyota JM Autoworkz feat Anugerah Motor di Pondok Gede, Bekasi.

Affan melanjutkan, untuk perawatan berkala ganti oli transmisi matik cukup hanya dengan ganti secara konvensional saja, tidak perlu flushing (kuras).

"Kalau perawatan berkala mah enggak perlu flushing, cuma buang-buang oli saja, flushing dilakukan kalau performa matik sudah menurun atau oli sudah terlalu kotor akibat jarang diganti," sarannya.

Di bengkel Toyota JM Autoworkz feat Anugerah Motor, biaya ganti oli transmisi matik Toyota Calya yakni Rp 300 ribuan.

"Biaya ganti oli transmisi matik Calya Rp 300 ribuan, biasanya pakai oli TMO (Toyota Motor Oil) ATF T-IV yang 1 galon," tutup Affan Rasyid Baharuddin owner bengkel spesialis Toyota JM Autoworkz feat Anugerah Motor di Pondok Gede, Bekasi.

Baca Juga: Tips Beli Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Bekas, Ciri-ciri Bekas Taksi

 

Editor : optimization

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa