Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Awet Transmisi Matik CVT atau AT? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Dok Grid - Selasa, 20 Februari 2024 | 10:12 WIB
Ilustrasi mobil matik
Ine/GridOto
Ilustrasi mobil matik

Otoseken.id - Mobil bertransmisi matik masih banyak diminati di perkotaan, apalagi buat sobat yang sering bertemu lalu lintas macet, tentunya kalau pakai mobil manual akan lebih pegal dan repot.

Transmisi otomatis atau matik dapat memudahkan pengemudi berkat kerja kopling dan perpindahan gigi yang dilakukan secara otomatis, transmisi matik jenis CVT (Continous Variable Transmission) dan AT konvensional paling banyak dipakai.

Bahkan mobil sejuta umat seperti Toyota Avanza dan Xenia pun sekarang sudah memakai matik jenis CVT, begitupun dengan Xpander yang juga ikutan pakai matik jenis CVT.

Mobil-mobil Honda banyak yang menggunakan matik CVT, sebut saja Honda Brio, Mobilio, HR-V, City Hatchback, Jazz GK5 dan sebagainya.

Semenatara Suzuki Ertiga masih setia dengan AT Konvensional, mobil-mobil lain yang populer seperti Kijang Innova dan Calya-Sigra pun masih pakai AT Konvensional.

Suzuki All New Ertiga Hybrid GX yang masih pakai matik konvensional
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Suzuki All New Ertiga Hybrid GX yang masih pakai matik konvensional

Baca Juga: Transmisi Mobil Matik Bekas Sering Nyangkut, Perhatikan Pergantian Oli 

Sebelum kita bahas kelebihan dan kekurangan antara matik CVT dan AT Konvensional, kita pahami dulu cara kerja kedua jenis matik tersebut.

"Prinsip dasarnya semua transmisi matik baik CVT dan AT konvensional basisnya tekanan oli, yang membedakan hanya pada pembentukan rasio gigi atau percepatan," Kata Hermas Efendi Prabowo, teknisi senior sekaligus pemilik Worner Matik di Bintaro Tangerang Selatan.

Transmisi matik konvensional perpindahan rasio gigi menggunakan gir set yang disusun membentuk planetary gear set.

Editor : optimization
Sumber : Otoseken.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa