Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setir Mobil Bunyi Kretek-Kretek, Ini Penyebab dan Biaya Servisnya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 2 Juni 2023 | 11:39 WIB
Ilustrasi setir mobil
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Ilustrasi setir mobil

Otoseken.id - Setir mobil yang bunyi kretek-kretek ketika dibelok kanan dan kiri dalam posisi diam, artinya ada komponen yang tidak beres.

Agun Gunawan selaku owner GY Autoshock mengatakan, penyebab bunyi kretek-kretek atau gemeretak tersebut disebabkan dari rack steer yang sudah mulai kena.

"Dalam kondisi berhenti, nyalakan mesin mobil dan putar setir ke kiri dan kanan secara cepat," buka Agun, owner GY Autoshock di Bulak Kapal, Bekasi Timur.

"Buyi kretek-kretek itu dari rack steer, banyak yang sudah kena di power steering elektrik, kalau EPS (electric power steering electric) kan dia kering, beda dengan hidraulis yang basah dari oli, dia cenderung awet," lanjut pria yang akrab disapa Gun's.

Normalnya, ketika setir diputar secara cepat, tidaka da suara kretek-kretek seperti besi beradu.

Rekondisi Rack Steering
Iman
Rekondisi Rack Steering

Lebih lanjut Agun menjelaskan, kerusakan yang paling sering ia temui adalah teflon atau bushing rack steer yang sudah aus, bisa karena faktor usia, atau bisa dari pengemudi yang sering menerabas jalan rusak.

Baca Juga: Kenali, Asal Penyebab Suara Mengerikan Saat Setir Mobil Bekas Diputar Mentok

"GY Autoshock, bengkel spesialis kaki-kaki dan power steering, kita bisa servis atau perbaikan shockbreaker dan rack steer, ganti baru juga bisa," katanya.

"Rack steer bisa diservis, ganti teflonnya, selama gigi pinionnya aman bisa kita servis, kalau gigi pinionnya sudah kemakan parah mau enggak mau harus ganti, karena kalau tambah daging di giginya atau bubut itu enggak bakalan awet," saran Agun.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa