Harganya Tinggal Rp 30 Jutaan, Kenali Dulu Penyakit Toyota All New Corolla AE111

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 24 Juni 2022 | 16:35 WIB
Jakarta All New Corolla (JANC) Senayan rayakan anniversary ke-2 di TMII
Dok. JANC Senayan.
Jakarta All New Corolla (JANC) Senayan rayakan anniversary ke-2 di TMII

Otoseken.id - Mobil sedan 90-an Toyota All New Corolla AE111 ini masih menggoda, nyaman, mesinnya bandel, dan spare part yang masih melimpah menjadikan ANC alias Al New Corolla jadi pilihan menarik.

Pertama kali diluncurkan tahun 1996, All New Corolla ini datang sebagai penerus dari kesuksesan Greco atau Great Corolla.

Untuk produksi 1996 - 1998, urusan dapur pacunya pakai mesin berkode 4A-FE berkapasitas 1.600 cc 4-silinder DOHC, tenaganya mencapai 110 dk dan torsi 145 Nm.

"All New Corolla 1.6 itu pasarannya Rp 30 juta sampai Rp 50 juta, tergantung kondisinya, rata-rata yang tipe SE.G kondisi bagus Rp 40 jutaan," buka Affan, owner bengkel spesialis Toyota JM Autoworkz feat Anugerah Motor di Pondok Gede, Bekasi.

"kalau yang kondisinya bagus terawat dan apik, bisa di angka Rp 60 juta," lanjutnya.

Toyota All-New Corolla AE111 Makki dan Leo
Toyota All-New Corolla AE111 Makki dan Leo

Menurutnya All New Corolla AE111 mesinnya terkenal bandel, hanya saja karena usia yang sudah tua, banyak ia temui unit yang sudah waktunya turun mesin.

"Secara mesin dia bandel enggak pernah rewel mesinnya, cuma karena faktor usia saja, memang sudah waktunya turun mesin," kata Affan.

"Cara ceknya, lihat apakah knalpotnya sudah ngebul dan ada suara berisik enggak, biasanya itu ring sehernya dan metal jalan banyak yang sudah aus," lanjut Affan.

Begitupun pada bagian kaki-kaki, mengingat usianya ini sedan 90-an, peremajaan kaki-kaki seperti sokbreker, rack steer, ball joint, tie rod, long tie rod juga perlu diservis atau diganti.


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa