Test Drive Suzuki All New Ertiga Hybrid, Hasil Konsumsi BBM Diluar Dugaan

Radityo Herdianto,Abdul Aziz Masindo - Minggu, 26 Juni 2022 | 11:57 WIB
Media Test Drive Suzuki Ertiga Hybrid yang Dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion Battery 6Ah
Radityo Herdianto / GridOto.com
Media Test Drive Suzuki Ertiga Hybrid yang Dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion Battery 6Ah

Otoseken.id - Suzuki All New Ertiga Hybrid yang baru saja diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengusung teknologi smart hybrid untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Namun hybrid di Suzuki All New Ertiga ini tidak serumit mobil-mobil hybrid lain, Suzuki Smart Hybrid ini dikategorikan sebagai mild hybrid.

Joshi Prasetya, Strategic Planning Dept. Head PT SIS menjabarkan ada dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal Suzuki Ertiga Hybrid.

"Komponen tersebut adalah Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion Battery, bersamaan dengan hadirnya fitur Auto Start-Stop yang mendukung Suzuki Smart Hybrid," imbuhnya.

Ketika melakukan deselerasi dengan rem, ISG mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Energi kinetik dimanfaatkan dari regenerative braking yang terintegrasi dengan sistem pengereman.

Suzuki Smart Hybrid Di Ertiga Baru Cukup Membantu Laju Mobil di Kondisi Stop and Go
Radityo Herdianto / GridOto.com
Suzuki Smart Hybrid Di Ertiga Baru Cukup Membantu Laju Mobil di Kondisi Stop and Go

Listrik yang dihasilkan akan disimpan di dalam Lithium-ion Battery 6 Ah 12 Volt dan Lead Acid Battery (aki) kapasitas 55Ah.

Selain itu, ISG juga berperan sebagai bantuan  tenaga kepada mesin bila dibutuhkan. Bantuan tenaga tersebut diambil dari energi listrik Lithium-ion Battery kapasitas 6Ah di bawah jok penumpang depan.

Dengan teknologi Smart Hybrid yang dikembangkan Suzuki ini, tim test drive dari GridOto.com sudah melakukan pengetesanya.

Unit yang diuji dalam acara media test drive Suzuki All New Ertiga Hybrid ini adalah bertransmisi otomatis yang akan menempuh rute Malang - Surabaya.


Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa