Ciri Busi Mobil Harus Diganti, Ada Yang Kurang Saat Mesin Dibejek Gasnya

ARSN,Abdul Aziz Masindo - Kamis, 30 Juni 2022 | 12:55 WIB
Ilsutrasi busi mobil yang sudah terpakai
Dok. JIP
Ilsutrasi busi mobil yang sudah terpakai

Otoseken.id - Ciri busi mobil harus diganti, ada yang kurang saat mesin mobil kesayangan dibejek gasnya.

Busi menjadi salah satu spare part fast moving yang perlu dilakukan pergantian secara berkala, lantas bagaimana ciri-ciri busi mobil yang sudah waktunya diganti?

Busi atau spark plug menjadi salah satu komponen penting di mesin berbahan bakar bensin, busi berperan sebagi pemantik bunga api pemakaran di kepala silinder.

Untuk busi standar, Aliong selaku owner King Mobil menyarankan untuk mengganti busi setiap 20.000 - 40.000 kilometer.

Selain dari patokan interval penggantian busi yang dianjurkan pabrikan, Anda juga bisa mengecek ciri-ciri busi mobil yang sudah waktunya diganti.

"Busi yang warnanya gelap itu wajar karena letaknya di ruang bakar, tapi kalau busi sudah berkerak hitam itu sudah jelas harus diganti," Kata Aliong, Owner King Mobil, Tangerang saat diwawancarai beberapa waktu lalu

Jika sudah seperti itu Anda diharuskan untuk mengganti busi, Aliong tidak menyarankan untuk dibersihkan karena sudah terlalu parah.

Busi yang berkerak akan menghambat pengapian busi, selain itu busi dengan pengapian yang sudah melemah bisa berdampak ke gas mobil yang kurang responsif.

Baca Juga: Pakai Bahan Bakar Tidak Sesuai Anjuran Oktan, Ini Dampak ke Busi

"Tanda busi perlu diganti bisa juga dirasakan dari gas yang kurang responsif, istilahnya ngeberebet seperti tersendat-sendat," paparnya.

Aliong menjelaskan, busi yang perlu diganti bisa dirasakan dari mesin idle yang tidak stabil, susah stater, dan performa akselerasi yang kurang responsif.

Baca Juga: Bukan Hanya Busi Yang Bikin Mesin Mobil Pincang, Komponen Ini Juga Bisa


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa