Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Harga BBM Naik, Awas Kampas Kopling Aus Bikin Boros BBM, Ini 5 Gejalanya

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 7 September 2022 | 13:32 WIB
ILUSTRASI Kampas kopling
ILUSTRASI Kampas kopling

Otoseken.id - Harga BBM sudah naik, ketahui kondisi kampas kopling mobil sobat, sebab kampas kopling yang sudah aus bisa bikin boros BBM.

Seperti yang kita ketahui, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina mulai dari jenis Pertalite, Solar dan Pertamax pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14:30.

Adapun kenaikan harga BBM jenis Pertalite subsidi dari Rp 7.650 per liter menjadi 10.000 per liter, kemudian Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi 6.800 per liter, dan Pertamax dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Disaat harga BBM yang sudah naik, jangan sampai karena kondisi kampas kopling yang sudah aus, membuat pengeluran bahan bakar semakin besar karena kondisi mobil khususnya kampas kopling yang tidak optimal.

Nah sebenarnya kampas kopling yang sudah aus dan perlu diganti bisa diketahui dari 5 gejala yang timbul.

1. Kopling Ada Gejala Selip

Ilustrasi menginjak pedal kopling di mobil transmisi manual
Dok. Otomotif Group
Ilustrasi menginjak pedal kopling di mobil transmisi manual

Gejala yang paling gampang diketahui adalah timbulnya gejala selip pada kopling, misalnya saat pergantian gigi dari gigi 2 ke 3, kopling terjadi selip dibarengi dengan mesin yang terasa menggerung tanpa adanya tenaga.

Hal ini karena kampas kopling tidak mampu menghubungkan putaran mesin menuju transmisi akibat kampas kopling yang sudah aus.

2. Timbul Bau Angus

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa