Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kerusakan Ini Sering Terjadi Pada Power Steering Elektrik dan Hidraulis

Dok Grid - Rabu, 7 Februari 2024 | 09:54 WIB
Ilustrasi memutar kemudi
Dylan Andika/GridOto.com
Ilustrasi memutar kemudi

Otoseken.id - Power steering merupakan sebuah sistem yang dapat membantu pengemudi dalam mengoperasikan setir ke kanan atau ke kiri.

Jika tidak ada power steering, setir terasa lebih berat diputar dan akan menyulitkan ketika sedang parkir atau putar balik.

Umumnya power steering ada dua jenis, yakni power steering elektrik (EPS) dan power steering hidraulis yang masih mengandalkan tekanan minyak dan pompa.

Jika power steering rusak atau ada malfungsi, tentu saja fungsi sebagai power steering enggak akan optimal, bahkan kemudi bisa sangat berat.

Nah bengkel spesialis Hyundai dan KIA Berkah Jaya Abadi di Ciputat, Tangerang Selatan menjelaskan apa saja masalah yang sering dialami di power steering baik jenis elektrik maupun hidraulis.

Power Steering Elektrik

Rack steer dan motor EPS Honda Civic Turbo
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Rack steer dan motor EPS Honda Civic Turbo

Baca Juga: Cara Mengecek Kondisi Power Steering Hidraulis, Pakai 6 Langkah Ini 

Untuk power steering jenis hidraulis (EPS) yang paling sering kena masalah ialah pada bagian rack steer, sebab rack steer di EPS hanya mengandalkan grease (gemuk) saja, berbeda dengan power steering hidraulis yang terendam oleh minyak power steering.

"Masalah yang paling sering untuk yang EPS (electric Power Steering) itu di rack steer, dan bushing, kanan dan kiri, kenapa dia sering rusak karena dia hanya mengandalkan grease (gemuk), kalau grease kering akan ada gesekean yang berlebihan," Eka Irawan, teknisi bengkel spesialis Berkah Jaya Abadi saat ditemui.

Editor : optimization
Sumber : Otoseken.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa