Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Periksa Bagian Ini

Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - Minggu, 25 September 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi Rem Mobil
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi Rem Mobil

Otoseken.id - Pedal rem mobil kalian bergetar saat diinjak, menandakan ada yang enggak beres, langsung aja cek bagian ini.

Biasanya pedal rem yang bergetar sering dialami pada mobil yang jam terbang tinggi dengan odometer yang gondrong, tapi mobil baru yang odometer rendah pun bisa mengalaminya.

Rendi Kristia Darmawan selaku Kepala Mekanik bengkel Nawilis Radio Dalam, Jakarta Selatan mengatakan, biasanya vibrasi ini muncul ketika mobil direm di atas kecepatan 60 km/jam.

Masih kata Rendi, penyebab munculnya vibrasi saat pengereman ini umumnya akibat permukaan disc brake mengalami distorsi, yaitu melengkung.

"Kami pernah menerima keluhan ini dari pelanggan yang mobilnya masih terbilang baru, jarak tempuhnya masih 900 kilometer," kata Rendi.

Ilustrasi permukaan disc brake yang mulai termakan
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Ilustrasi permukaan disc brake yang mulai termakan

"Karena mobil tersebut masih dalam masa garansi, kami sarankan ke pemilik mobil untuk melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi,” cerita Rendi.

Pada beberapa kasus, sempat terjadi pada mobil keluaran sekarang macam Toyota Fortuner, Mitsubishi Xpander dan sebagainya.

Sebab, lanjutnya, kalau saat itu ia tangani, takutnya ketika nanti si pemilik mobil mau klaim garansi ke dealer, garansinya gugur lantaran disc brakenya pernah diutak-atik.

Penyebab utama melengkungnya disc brake disinyalir akibat material piringan cakram tak kuat menahan suhu tinggi saat proses pengereman berlangsung.


Editor : ARSN
Sumber : Otomotifnet.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa