Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga BBM Diesel Semakin Mahal, Harga Mobil Bekas Fortuner dan Kawan-kawannya Anjlok

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:24 WIB
ILUSTRASI Toyota Fortuner VRZ bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
ILUSTRASI Toyota Fortuner VRZ bekas

Otoseken.id - Dampak dari harga bahan bakar diesel naik, harga mobil diesel bekas macam Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Chevrolet Captiva jadi anjlok.

Seperti kita ketahui, PT Pertamina mengumumkan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis nonsubsidi pada Sabtu (1/10/2022).

Adapun untuk BBM non subsidi jenis Pertamax (RON 092) dan Pertamx (RON 98) mengalami penurunan harga, dimana harga Pertamax sebelumnya Rp 14.500 per liter jadi Rp 13.900 dan harga Pertamax Turbo dari Rp 15.900 per liter jadi Rp 14.950 per liter.

Namun harga BBM non subsidi diesel jenis Dexlite dan Pertamina DEX malah mengalami kenaikan, dimana harga Dexlite dari sebelumnya Rp 17.100 per liter menjadi Rp 17.800, dan harga Pertamina DEX dari Rp 17.400 naik menjadi Rp 18.100 per liter.

Ilustrasi Toyota Fortuner Diesel isi Pertamina DEX
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Ilustrasi Toyota Fortuner Diesel isi Pertamina DEX

Budi Apdilah, pemilik showroom Reza Motor mengatakan, harga BBM diesel non subsidi yang melambung tinggi, membuat harga mobil diesel di pasar mobil bekas mengalami penurun harga Rp 10-15 juta.

"Penjualan mobil diesel cenderung menurung menurun 2 bulan ini, mulai dari GIIAS berlangsung ditambah keaikan harga BBM diesel non subsidi, sekarang trennya dari diesel bergeser ke bensin," buka Budi saat ditemui di showroomnya yang berlokasi di Jatiwaringin, Bekasi.

"Contohnya Fortuner diesel dan Pajero Sport, tahun-tahun muda 2016, itu harganya terkoreksi turun sekitar Rp 10 jutaan, 2 bulan lalu kita ngambil Fortuner VRZ tahun 2016 itu Rp 370 jutaan, kalau sekarang kita ngambil Rp 360 jutaan," lanjutnya.

Alasannya masih kata Budi, karena harga BBM diesel non subsidi yang semakin mahal ditambah daya beli mobil diesel sudah mulai menurun.

"Karena harga BBM diesel non subsidi semakin mahal, mobil kayak Fortuner, Pajero Sport, dan Captiva kan wajib pakai Dexlite dan Pertamina Dex, hal itu membuat permintaan dan daya beli mobil diesel bekas tahun-tahun muda menurun," ujarnya.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa