Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Rusak Karena Bencana Alam Apakah Ditanggung Asuransi? Ini Jawabannya

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 12 Oktober 2022 | 21:02 WIB
Ilustrasi mobil terkena pohon tumbang
Chrysnha Pradipha/TribunSolo.com
Ilustrasi mobil terkena pohon tumbang

Otoseken.id - Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung, pohon tumbang dan sebagainya bisa menimpa siapa saja.

Tentunya bencana alam menjadikan masyarakat khawatir jika sampai menimpa mereka dan merusak harta benda, termasuk kendaraan.

Asuransi mobil dibutuhkan untuk perlindungan mobil kalian agar terhindar dari membengkaknya biaya perbaikan, namun jika kerusakan mobil diakibatkan dari bencana alam apakah ditanggung asuransi juga?

Sebelum membahas itu, kita pahami dulu dua jenis asuransi,  yaitu asuransi mobil All Risk (comprehensive) dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, berlaku untuk kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan dalam kecelakaan lalu lintas.

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO), hanya menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Premi asuransi All Risk lebih mahal dari TLO, karena perlindungannya yang lebih menyeluruh. Sementara itu, asuransi TLO dipilih karena harga premi yang relatif lebih murah daripada premi asuransi mobil All Risk.

Meski begitu, kalian tidak bisa mengklaim asuransi TLO jika kerusakan yang dialami kurang dari 75%.

Balik lagi ke kerusakan mobil akibat bencana alam, informasi yang diterima Otoseken.id dari duitpintar.com, untuk fenomena bencana alam, maka kalian harus menambah jaminan perluasan.

Baca Juga: Biar Enggak Kena Tipu, Kenali 9 Ciri Mobil Bekas Banjir, Ketahuan dari Sini

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa