Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tinggalkan Batu Bara, Goodyear Produksi Ban Ramah Lingkungan Pakai Cangkang Sawit

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 4 November 2022 | 18:16 WIB
Ban Goodyear Assurance Duraplus 2 yang baru diluncurkan
Vedhit/GridOto.com
Ban Goodyear Assurance Duraplus 2 yang baru diluncurkan

Otoseken.id - Sebagai bentuk tanggung jawab menjaga lingkungan, PT Goodyear Indonesia Tbk produksi ban yang ramah lingkungan.

Selama ini sumber energi andalan dalam menjalankan boiler untuk proses produksi adalah dengan batu bara, kini sejak September lalu, Goodyear mengganti sumber energi menjadi Palm Kernel Shell (PKS) atau cangkang sawit pasca produksi langsung 100%.

Cangkang sawit sendiri adalah material bakar yang berasal dari fraksi cangkang setelah pengupasan yang dihancurkan dalam proses produksi minyak sawit.

Memiliki nilai kalor tinggi dengan rata-rata 4000 Kkal/kg, PKS ideal memiliki ukuran partikel berkisar antara 5 mm sampai 40 mm dan memiliki kadar sisa abu bakaran yang rendah (lebih rendah 75% dari sisa abu bakar batu bara biasanya).

Sehingga emisi gas buang juga jauh lebih bersih dan tidak mencemari lingkungan udara.

Wicaksono selaku Head of Communication Goodyear Indonesia dalam keterangan resminya mengatakan, Hal ini sejalan dengan rencana besar Perusahaan yang juga ikut meratifikasi Global Millennium Development Goal.

"Dimana hal tersebut diturunkan menjadi Global Operations Bold Gold dengan salah satu obyektifnya adalah penggunaan energi terbarukan untuk semua proses dan operasional pabrik diseluruh dunia pada tahun 2040," bilangnya.

Transisi dari batu bara ke cangkang sawit ini merupakan bagian dari misi jangka panjang PT Goodyear Indonesia Tbk untuk secara bertahap ikut mengurangi efek Gas Rumah Kaca (GHG) sebesar 30% di tahun 2030.

Selain lebih ramah lingkungan, volume uap panas menggunakan biomass PKS ternyata juga besar dan mampu menjaga panas lebih stabil yang penting dalam proses memasak green tire. Dari sisi biaya energi, biomass PKS termasuk kompetitif digunakan dalam jangka panjang dan berkelanjutan kedepan.

Baca Juga: Goodyear Luncurkan Produk Baru Ban Radial untuk Truk, Diklaim Punya Jarak Tempuh yang Optimal

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa