Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

harga mobil bekas

Tenaga Terasa Kosong dan Tiba-tiba Mesin Mobil Bekas Mati, Biang Keladinya Part Ini

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 17 November 2022 | 16:53 WIB
Speedometer All New Toyota Avanza 2011
Dok.Otomotif
Speedometer All New Toyota Avanza 2011

Otoseken.id - Tenaga mesin yang terasa kosong dan kemudian mesin mobil mati dan tidak bisa hidup lagi, biang keladinya dari sini.

Sebenarnya tenaga mesin yang terasa kosong banyak faktor, biasanya tenaga mesin yang terasa kosong dibarengi dengan gejala brebet.

Tenaga mesin yang terasa kosong bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa jadi dari filter bahan bakar yang kotor, busi yang perlu diganti atau koil yang bermasalah.

Kemudian bisa juga dari throttle body kotor, sensor MAF (Mass Air Flow), ISC (Idle Speed Control) ataupun sistem injeksi.

Tapi selain dari masalah di atas, kalau sampai mesin mati mendadak, Yanto selaku kepala bengkel dari Teluk Motor mengatakan, bisa jadi penyebabnya dari fuel pump yang mati.

Gejala fuel pump yang sudah lemah seperti ada gejala brebet, ditambah tenaga yang terasa kosong walaupun pedal gas diinjak secara penuh.

Kalau fuel pump yang sudah mulai lemah tetap digunakan, dikhawatirkan mesin akan mati total karena fuel pump sudah tidak bisa memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor atau karburator.

Ilustrasi fuel pump di mobil
Ryan Fasha/GridOto.com
Ilustrasi fuel pump di mobil

"Fuel pump memang memiliki masa pakai karena dia termasuk electical, tapi masa pakainya lumayan lama bisa lebih dari 5-10 tahun," buka Yanto yang bengkelnya di Jl Marsekal Suryadarma, Tangerang.

"Tapi selain faktor usia, dia (fuel pump) bisa cepat rusak kalau bahan bakar dan filter bahan bakar sering kotor, juga tangki yang kotor, atau kita kebiasaan isi bensin kalau hampir habis, itu usia fuel pump akan lebih cepat," lanjutnya.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa