Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Asap Knalpot Mobil Bekas Bau Bensin dan Pedih di Mata, Inilah

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 1 Juli 2023 | 13:40 WIB
Ilustrasi uji emisi
Dok. Otomotif
Ilustrasi uji emisi

Otoseken.id - Emisi gas buang atau asap dari knalpot timbul bau bensin atau ada pedih di mata, kenali faktor-faktor penyebabnya.

Emisi gas buang kendaraan bisa menjadi indikasi apakah mesin mobil dalam keadaan sehat atau ada masalah.

1. AFR (Air Fuel Ratio)

Nah emisi gas buang yang menimbulkan bau bensin atau ada asap knalpot berasa pedih di mata, disebabkan dari setelan AFR (Air Fuel Ratio) yang tidak tepat.

AFR (Air Fuel Ratio) adalah rasio perbandingan antara jumlah udara dengan bahan bakar minyak (BBM) yang masuk ke ruang pembakaran ruang mesin mobil.

"Untuk penyetelan AFR yang masih manual, AFR harus pas, supaya rasio antara bahan bakar dan udara mendapatkan pembakaran yang sempurna dan optimal," kata Yanto dari bengkel Teluk Motor.

"Yang bisa dirasakan AFR yang tidak pas, gas buang di knalpot pedih di mata atau bau bahan bakar yang menyengat, itu berarti campuran rasio bahan bakar dan udara tidak tepat," lanjut Yanto yang bengkelnya di Jl Marsekal Suryadarma, Tangerang.

Air Fuel Ratio (AFR) mobil
bukalapak.com
Air Fuel Ratio (AFR) mobil

Selain menimbulkan bau bensin dan bikin pedih di mata, angka AFR yang tidak tepat, dampaknya bisa membuat konsumsi bahan bakar terlalu boros jika terlalu rich (R), dan kalau terlalu lean (L) tenaga bisa lemot dan mesin lebih cepat panas.

Supaya mendapatkan nilai AFR yang tepat, tidak bisa pakai feeling atau perasaan, harus dibawa ke bengkel yang mempunyai alat uji emisi bernama Gas Analyzer.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa