Indikator Peringatan BBM Sudah Menyala, Mobil Masih sanggup Jalan Berapa Kilometer?

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 27 November 2022 | 19:14 WIB
Jangan terlalu sering mengisi ulang bahan bakar sampai Indikator peringatan BBM menyala
Abdul Aziz M
Jangan terlalu sering mengisi ulang bahan bakar sampai Indikator peringatan BBM menyala

Otoseken.id - Indikator dengan logo dispenser SPBU di panel instrumen mobil ini fungsinya untuk memberi tanda ke pengemudi, jikalau sudah menyala, artinya bahan bakar di tangki sudah waktunya diisi ulang.

Peringatan ini menyala jika jarum indikator sudah menunjukkan huruf 'E' atau pada model digital sudah 1 bar kedip-kedip, peringatan berlogo dispenser SPBU berwarna kuning ini pasti akan menyala.

Banyak yang masih penasaran, indikator peringatan BBM yang berlogo dispenser SPBU sudah menyala warna kuning, mobil masih bisa melaju berapa kilometer?

Mengutip dari website toyota.astra.co.id, jika indikator BBM sudah di E dan peringatan BBM menyala, jangan keringat dingin dan panik dulu, karena masih ada sisa bahan bakar di tangki.

Umumnya sisa bahan bakar yang tersisa di tangki 10 persen dari total kapasitas tangi, misalnya mobil dengan kapasitas tangki 50 liter, artinya bahan bakar yang tersedia masih ada sekitar 5 liter.

Ilustrasi indikator BBM
Abdul Aziz Masindo/otoseken.id
Ilustrasi indikator BBM

Kalau diasumsikan jika konsumsi bahan bakar mobil tersebut 12 km/liter, artinya dengan sisa bensin 5 liter, mobil masih bisa melaju sekitar 60 km untuk mencari SPBU terdekat sebelum sisa bahan bakar benar-benar habis.

Sekedar informasi, arti huruf 'E' di indikator BBM bukanlah Empty atau kosong, melainkan Emergency.

Tapi walaupun peringatan BBM sudah menyala di panel instrumen, sebaiknya jangan sering-sering menyisakan bahan bakar yang sedikit di tangki mobil, risiko fuel pump yang rusak.

fuel pump) bisa cepat rusak kalau bahan bakar dan filter bahan bakar sering kotor, juga tangki yang kotor, atau kita kebiasaan isi bensin kalau hampir habis, itu usia fuel pump akan lebih cepat," kata Yanto selaku kepala bengkel dari Teluk Motor di Jl Marsekal Suryadarma, Tangerang.

Baca Juga: Mobil Sering di Garasi dalam Waktu Lama Sebaiknya Isi BBM Full, Ini Alasannya

 

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa