Biar Enggak Pusing Saat Merawatnya, Kenali Penyakit Sedan Timor Varian Karbu dan Injeksi

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 8 Desember 2022 | 12:04 WIB
Ilustrasi Timor S515i
Kyn/Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi Timor S515i

Otoseken.id - Saat ini populasi sedan Timor bekas enggak sebanyak sedan 1.500 cc bekas keluaran Jepang macam Toyota Soluna, Suzuki Baleno ataupun Honda City Type Z.

Tapi dibandingkan sedan entry level 1.500 cc dari brand Jepang, harga bekas Timor ini paling ramah di kantung, yap Timor bisa jadi pilihan bagi kalian yang mempunyai budget Rp 20 juta sampai Rp 30 jutaan.

Sedan Timor memiliki 2 varian, yaitu varian mesin 1.500 cc SOHC karburator di tipe S515, dan pilihan mesin 1.500 cc DOHC injeksi di tipe S515i.

"Kalau bicara harga bekasnya sekarang, harga pasaran Timor yang SOHC karburator Rp 20-25 juta, kalau DOHC injeksi Rp 25 ke atas sampai 35 jutaan, tergantung kondisi," ujar Hendra Susanto, yang dulu sebagai Founder KOI (Timor-er Korea Otomotif Indonesia).

Walaupun harga yang ditawarkan Timor lebih murah begitupun harga bekasnya, tapi fitur yang ditawarkan Timor sudah lumayan, enggak basic-basic banget.

Koes Hendratmo berjas merah saat menjadi MC Timor Gala Dinner di Jakarta Juli 1997
Dok. OTOMOTIF Group
Koes Hendratmo berjas merah saat menjadi MC Timor Gala Dinner di Jakarta Juli 1997

Sebut saja tilt steering, power window, electric mirror, arah semburan AC yang lengkap termasuk defogger depan dan belakang, dan wiper intermittent.

Menurut Hendra, mesin Timor baik SOHC karburator dan DOHC injeksi 1.500 cc-nya termasuk bandel, tapi ada penyakit atau keluhan yang sering dikeluhkan pengguna Timor.

"Kalau Timor SOHC (S515) penyakitnya di karburator, gejalanya biasanya stasioner sudah enggak langsam, itu karena karburator Timor lebih advance, dia banyak sensor untuk keperluan emisi yang lebih rendah," jelas Hendra yang juga sebagai owner bengkel spesialis KTM (Korea Timorer Motors).

"Jadi karburatornya Timor ada sensor kayak sensor untuk menaikkan rpm kalau mesin dingin, jadi yang bermasalah sensor-sensornya itu," lanjutnya.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa