Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cuma Beredar 30 Unit, Timor SW516i Station Wagon Ternyata Buatan Karoseri Asal Malang

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 8 Desember 2022 | 18:45 WIB
Timor SW516i atau Timor Station Wagon
Tabloid OTOMOTIF Edisi No.50/VII
Timor SW516i atau Timor Station Wagon

Otoseken.id - Bisa dibilang Timor SW516i Station Wagon ini merupakan mobil istimewa, yap istimewa karena memang unitnya sangat sedikit sehingga menjadi langka.

Timor limited ini merupakan Timor tipe S516i yang diperkenalkan PT Timor Putra Nasional (TPN) pada April tahun 1998 lalu, mengambil basis dari sedan Timor tipe S515i.

Pada saat itu untuk mengerjakan bodi Station Wagonnya, Timor menggandeng salah satu Karoseri yang terkenal asal Malang, Jawa Timur, yaitu PT Mekar Armada Jaya yang dikenal dengan Karoseri New Armada.

"Bodi Timor Wagon itu bikinan karoseri New Armada di Magelang, karena dulu ownernya New Armada dekat dengan pak Tommy," buka Hendra Susanto, pendiri KOI (Timor-er Korea Otomotif Indonesia).

Masih kata Hendra, unit Timor Station Wagon yang sangat langka dan sedikit memang New Armada berhasil membuat Timor SW516i atau Timor Station Wagon hanya 30 unit saja dari rencananya 50 unit.

Timor Station Wagon
IG @bayu_f_parikesit
Timor Station Wagon

"Dulu bikin cuma di bawah 50 unit mungkin karena dulu pasarnya wagon kurang diminati Masyarakat Indonesia, orang kurang suka dengan model wagon, sekarang aja jadi kolektor harganya selangit," bilangnya.

Dimesin Timor Station Wagon lebih panjang dari model sedannya, dengan panjang 4.360 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.390 mm.

Di sektor dapur pacu, Timor SW516i rencananya pakai mesin 1.600 cc DOHC injeksi, tapi pada akhirnya mesinnya malah mesin yang sama dipakai Timor model sedan tipe S515i DOHC injeksi berkapasitas 1.500 cc.

Baca Juga: Biar Enggak Pusing Saat Merawatnya, Kenali Penyakit Sedan Timor Varian Karbu dan Injeksi

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa