Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil yang Sudah Turbo Intercooler Lebih Waspada Menerjang Banjir, Ini Risikonya

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 4 Januari 2023 | 20:00 WIB
lekukan pipa intercooler seminim mungkin
ryan/gridoto.com
lekukan pipa intercooler seminim mungkin

Otoseken.id - Mobil yang sudah dilengkapi Turbo Intercooler sebaiknya lebih hati-hati lagi terobos banjir, bengkel spesialis ungkap risiko dampak buruknya.

Mobil yang sudah berturbo umumnya sudah dilengkapi dengan intercooler, intercooler sendiri fungsinya untuk mendinginkan udara yang dikeluarkan turbo.

Dengan melewati intercooler, udara panas dari turbo ketika melewati intercooler akan menjadi udara dingin yang kemudian masuk ke ruang mesin.

Selain berfungsi sebagai pendingin udara, intercooler juga berfungsi untuk memadatkan udara masuk kedalam ruang bakar, sehingga asupan udara ke dalam mesin diesel lebih padat dan dapat menghasilkan ledakan tenaga yang besar.

Cara kerja turbo ini adalah dengan mengompresi udara sehingga kepadatan udara meningkat sebelum mencapai ruang bakar, udara yang padat ini bisa membuat pembakaran lebih sempurna.

Intercooler Injen mendukung kinerja turbo jadi lebih maksimal
Intercooler Injen mendukung kinerja turbo jadi lebih maksimal

Namun udara yang panas dapat memengerahui kinerja dan kepadatan udara, sehingga peran intercooler dibutuhkan untuk mendinginkan udara.

Menurut Hendra Susanto owner bengkel spesialis KTM (Korea Timorer Motors) Wuling mengatakan, mobil yang sudah ada turbo intercooler lebih berisiko terjadi water hammer.

"Saran saya kalau mobil yang sudah ada intercooler khususnya yang (intercooler) posisinya di bawah radiator lebih hati-hati terobos banjir, karena beberapa kasus yang saya temui itu kena water hammer," buka Hendra Susanto saat ditemui di bengkelnya di Jalan Puspitek, Tangerang Selatan.

"Yang paling banyak di mobil yang sudah turbo intercooler kayak Wuling Almaz, beberapa kali Almaz yang kita tangani harus dicari tahu kenapa air gampang masuk dari intercooler dan terhisab air banjir itu sehingga masuk ke ruang mesin," lanjut Hendra.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa