Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masih Banyak yang Bingung, Ini Bedanya SUV dan Jip Menurut Penghobi Jip

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 8 Januari 2023 | 16:10 WIB
Suzuki Jimny Wide JB43 tahun 2017
Dok. JIP
Suzuki Jimny Wide JB43 tahun 2017

Otoseken.id - Masih banyak yang bingung membedakan jenis mobil antara SUV (Sport Utility Vehicle) dengan Jip, karena kedua jenis mobil tersebut memiliki ciri yang sama.

Umumnya mobil SUV maupun Jip memiliki ground clearance yang tinggi, profil ban yang besar, bodi yang cenderung kotak, dan biasanya penempatan ban serep di belakang pintu atau biasa disebut konde.

Kata 'Jip' pun sudah tercatat pada KBBI, jika merujuk dari KBBI, Jip memiliki 2 arti, arti yang pertama yakni mobil kecil yang kuat, serba guna, bentunya segi empat, kemudian arti yang kedua memiliki arti mobil jenis Jip tetapi lebih besar dan mewah.

Wahyu Widodo selaku owner Pitulas 17 Garage di Blok M, Jakarta Selatan, yang juga penghobi Jip 4x4 menjelaskan, SUV dan Jip perbedaanya ada pada penggerak rodanya.

"Jangan keliru, SUV itu mobil yang memiliki ground clearance tinggi tapi belum tentu disebut Jip, enggak semua SUV dikatakan Jip, tapi kalau dia berpenggerak 4x4 baru bisa dikatakan Jip," kata Wahyu saat ditemui beberapa waktu lalu di showroomnya.

Toyota Land Cruiser FJ40 1981 di Pituluas 17 Garage
Abdul Aziz Masindo/otoseken.id
Toyota Land Cruiser FJ40 1981 di Pituluas 17 Garage

Ia menyontohkan, mobil SUV macam Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Ford Everest dan sebagainya yang masih berpenggerak 4x2, menurutnya belum bisa dikatakan sebuah Jip.

Sedangkan mobil yang ia kategorikan sebuah Jip yaitu sudah berpengerak 4x4, misalnya Jeep Wrangler, Toyota Land Cruiser VX-R 4x4, dan merek lainnya, termasuk Suzuki Jimny 4x4 walaupun memiliki bodi yang kecil dan kapasitas mesin yang kecil juga.

Suzuki Jimny JA22 4x4 660cc turbo tahun 1995
Abdul Aziz Masindo
Suzuki Jimny JA22 4x4 660cc turbo tahun 1995

SUV maupun Jip 4x4 diciptakan untuk memiliki daya jelajah yang lebih baik, seperti melewati medan jalan yang tidak rata, sedangkan Jip 4x4 memiliki kemampuan yang lebih kuat, sanggup melibas medan semi off-road dan bahkan ada yang memang untuk off-road.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa