Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasar Mobil Hybrid Bekas Masih Lemes, Kehadiran Innova Zenix Hybrid Diharapkan Jadi Stimulus

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 15 Januari 2023 | 19:58 WIB
Emblem Hybrid di mobil Toyota
Radityo Herdianto / GridOto.com
Emblem Hybrid di mobil Toyota

Otoseken.id - Mobil dengan teknologi hybrid diciptakan untuk efisiensi bahan bakar yang lebih hemat dan juga ramah lingkungan.

Dikatakan hybrid karena mobil hybrid memiliki 2 sumber energi, sumber yang pertama adalah dari mesin bakar konvensional dan sumber kedua dari motor listrik.

Mobil hybrid yang populer di Indonesia umumnya hybrid pararel, cara kerja hybrid pararel dengan mengandalkan kombinasi energi pembakaran mesin dan sistem energi listrik yang bekerja secara bergantian atau bersamaan ketika sedang berakselerasi.

Contoh mobil hybrid paraek banyak ditemui di mobil-mobil Toyota seoertu Camry hybrid, Corolla Altis hybrid, C-HR Hybrid, Corolla Cross Hybrid, Innova Zenix hybrid dan sebagainya.

Toyota Camry Hybrid 2.5 2012
Dok.OTOMOTIF
Toyota Camry Hybrid 2.5 2012

Selain itu ada juga mobil hybrid dengan sistem seri, bedanya kalau hybrid seri mesin pembakaran tidak menggerakkan roda, mesin tersebut hanya sebagai generastor untuk melakukan pengecasan pada baterai.

Penggerak mobil hybrid seri hanya digerakkan oleh motor listrik, mobil hybrid yang menggunakan sistem seri di Indonesia adalah Nissan Kicks e-Power.

Nissan Kicks e-POWER siap berjalan jauh
Aries Aditya/GridOto.com
Nissan Kicks e-POWER siap berjalan jauh

Di bursa mobil bekas, menurut pengakuan dari Agus selaku owner Focus motor di Bursa Mobil Mangga Dua Square, Jakarta Utara mengatakan, pasar mobil hybrid belum begitu ramai.

"Hybrid yang sudah masuk Corolla Cross Hybrid, Corolla Sedan Hybrid, lemes pasarnya, susah sekali untuk jual hybrid, bahkan kita punya mendekam 4 sampai 5 bulan," buka Agus owner Focus Motor.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa