Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Pelek Mobil Aftermarket, Masih Ada yang Lupa Pasang Benda Kecil Ini

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:08 WIB
Ilustrasi pemakaian pelek aftermarket
Kyn/Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi pemakaian pelek aftermarket

Otoseken.id - Mengganti pelek bawaan mobil pakai pelek aftermarket macam Enkei, HSR dan sebagainya sah-sah saja, tapi masih ada beberapa yang lupa pasang benda kecil ini.

Benda kecil yang dimaksud namanya center ring, center ring bentuknya bulat seperti cincin, umumnya center ring terbuat dari bahan alumunium ataupun besi.

Pasang pelek aftermarket wajib pasang center ring, sebab lubang diameter as pada pelek atau center hole pada pelek aftermarket memiliki lubang yang lebih besar.

Lubang yang besar pada center hole di pelek aftermarket bertujuan untuh bisa masuk ke berbagai ukuran center bore hub mobil atau as roda selama ukuran PCD-nya juga sesuai.

"Pelek racing atau aftermarket contohnya seperti HSR ini memang diameter center hole peleknya lebih besar, supaya pelek bisa masuk ke setiap ukuran as roda mobil, " buka Ivan dari Queen Rims & Tires di Karawaci, Tangerang saat ditemui beberapa waktu lalu.

Center ring di pelek aftermarket
Dok. Otomotif
Center ring di pelek aftermarket

Nah fungsi Center ring ini untuk mengisi celah antara center bore hub mobil atau as roda dengan center hole pelek aftermarket.

"Makanya supaya center hole pelek dan as roda pas, dipasanglah center ring, center ring memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung jenis mobil," lanjutnya.

Pemasangan pelek aftermarket tapa center ring bisa berdampak fatal karena pelek tidak bertumpu pada center bore hub mobil atau as roda, melainkan hanya bertumpu pada baut roda.

Dampak terparahnya karena kekuatan bertumpu pada baut roda, baut bisa patah dan pelek terlepas yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa