mobil bekas

Simak, 5 Cara Mudah Mencegah Ban Mobil Bekas Terkena Flat Spot

ARSN - Selasa, 24 Januari 2023 | 13:19 WIB
Ilustrasi ban mobil bekas
ryan/gridoto.com
Ilustrasi ban mobil bekas

Otoseken.id - Simak nih gengs, 5 cara mudah mencegah ban mobil bekas terkena dampak flat spot gara-gara lama parkir di rumah.

Mobil yang parkir terlalu lama di garasi rumah kalian ternyata berdampak buruk ke ban mobil, bisa berisko ban mobil rusak, kerusakan ini disebut sebagai flat spot.

Flat spot adalah kondisi di mana tapak ban mengalami kerusakan atau keausan yang disebabkan oleh tekanan secara terus menerus pada bagian ban yang sama.

Selain itu, Kondisi ban yang dingin karena cuaca dan kondisi ruang penyimpanan yang lembab juga menjadi penyebab tekanan udara pada ban akan lebih cepat berkurang.

Apriyanto Yuwono selaku National Sales Manager Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia mengatakan, ban mobil yang sudah rusak atau mengalami flat spot bisa dirasakan pada saat mengemudi.

"Secara fisik ban yang mengalami flat spot susah untuk diketahui (karena bagian yang mengalami flat spot berada pada bagian yang berkontak langsung dengan jalanan). Saat mengemudi, Anda bisa merasakan getaran, handling yang tidak nyaman, hingga dentuman halus," ujar Apriyanto dalam keterangan resmi yang diterima Otoseken.id pada Kamis, (20/10/2022).

Flat spot sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni flat spot permanen dan sementara, dengan mengenali jenis flat spot ini kita bisa mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. 

Jika yang terjadi adalah flat spot permanen, sebaiknya ganti ban mobil dengan yang baru untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Baca Juga: Ini Pola Tapak Ban Mobil yang dapat Mencegah Terjadinya Aquaplaning

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa