Perjalanan Toyota Fortuner Generasi Pertama, Hanya Ada Pilihan Bensin?

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 2 Juli 2019 | 17:05 WIB

Toyota Fortuner Bensin Generasi Pertama (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Tahun 2005 lalu, Toyota Fortuner dirilis di Indonesia yang unitnya didatangkan langsung secara utuh dari negeri Gajah putih, Thailand.

Varian yang dihadirkan ada 3, yaitu G, G Lux, dan V 4x4, semua varian mengusung mesin 4 silinder 2.694 cc dengan transmisi matik 4 speed.

Dilihat dari eksteriornya, antara Toyota Fortuner varian G, G Lux dan V 4x4, perbedaan tidak terlalu signifikan, hanya di bahan jok dan sistem penggerak roda.

Toyota Fortuner G merupakan varian termurah yang menggunakan jok berbahan fabric, sedangkan untuk Fortuner G Lux dan V 4x4 jok menggunakan bahan kulit.

(Baca Juga: Pilihan SUV Seken: Toyota Fortuner Diesel 4x2, Unggulkan Ketangguhan)

Memasuki tahun 2006, lantaran besarnya minat masyarakat terhadap Fortuner, maka SUV bongsor ini dibuat secara Completely Knock Down (CKD) di Indonesia.

Bertepatan dengan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2007 lalu, Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan Toyota Fortuner bermesin diesel.

Kapasitas mesin diesel yang digunakan yaitu 2.500 cc D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection, 4 silinder, mesin yang sama digunakan oleh Toyota Kijang Innova Diesel.

Untuk transmisi Fortuner Diesel 2.5, hanya ada satu pilihan, yaitu varian G dengan transmisi manual 5-speed.

Interior Toyota Fortuner Generasi Pertama