Sportcar BMW i8 Plug-in Hybrid, Desain Futuristis, Unit Sekennya Ada di Sini

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 4 Februari 2020 | 09:11 WIB

BMW i8 bekas di Bursa Otomotif Sunter (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.idBMW i8 punya desain yang futuristis namun tetap sporty, walaupun letak mesin pembakaran dalam berada di belakang, tapi bahasa desain BMW tetap dipertahankan pada 2 buah gril khasnya.

Seperti mobil sportcar ataupun supercar kebanyakan, pintu BMW i8 menggunakan model butterfly membuat BMW i8 semakin futuristis dan menjadi daya tarik, sayangnya model seperti ini mengharuskan ruang yang bebas di sisi samping.

BMW dengan huruf i merupakan mobil yang dirancang untuk ramah lingkungan dengan ciri-ciri aksen yang berwarna biru.

Berat BMW i8 punya bobot yang ringan berkat penggunaan material sedemikian rupa, seperti sasis yang memanfaatkan material Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP), kap mesin menggunakan material alumunium, dan pada bagian body panel mengunakan material thermoplastic polymer.

Metro Cars Premium
Model pintu butterfly BMW i8

(Baca Juga: Ferrari 458 Spider 2013 Bekas, Sports Car Asal Italia Harganya Cuma Segini)

Dari perpaduan material tersebut, membuat berat BMW i8 kurang dari 1,5 ton saja, mengingat BMW i8 merupakan mobil plug-in hybrid.

Karena ini merupakan mobil hybrid, BMW i8 punya 2 dapur pacu, mesin 3 silinder berkapasitas 1.499 cc turbo bertenaga 231 dk, torsi 320 Nm dan motor listrik bertenaga 131 dk, torsi 250 Nm.

Jika mesin dan motor listrik dipadukan, dapat menghasilkan tenaga 362 dk, dan torsi 570 Nm.

Untuk pengisian ulang battery 0-100%, dibutuhkan waktu berkisar antara 4-6 jam dengan menggunakan metode fast charging, selain itu Anda juga bisa mengatur kecepatan pengiasan daya melalui charger yang sudah disediakan BMW.