Upgrade Kualitas Audio Mobil, Mending Ganti Speaker Atau Head Unit?

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 19 Februari 2020 | 18:25 WIB

Head Unit double DIN dan Speaker Kenwood (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Bagi sebagian orang, kualitas audio mobil yang disediakan pabrikan dirasa belum maksimal.

Untuk itu dengan upgrade komponen audio mobil, kualitas audio mobil menjadi maksimal, lalu bagaimana tahapannya?

Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, cukup mengganti head unitnya saja sebab speaker bawaan mobil umumnya sudah memiliki kualitas suara yang bagus.

"Sebenarnya kualitas speaker yang disediakan pabrikan mobil sudah bagus, cukup ganti head unit, kualitas audio bisa jadi maksimal," kata Tara, dari Kiki Rotary Motor di Blok M Mall, Jakarta Selatan.

Abdul Aziz Masindo/otoseken.id
Head unit single DIN Pioneer dan speaker kenwood

(Baca Juga: Pasang Fitur Audio Steering Switch di Toyota Avanza? Segini Biayanya)

"Kenapa head unit dulu, karena memang speaker bawaan mobil sudah bagus, orang kalau langsung ganti head unit dan speaker sekaligus harganya cukup mahal, jadi kalau yang budget terbatas mending ganti head unit dulu," lanjut Tara saat diwawancarai.

Tara menyarankan untuk upgrade head unit yang memiliki pengaturan equalizer, dan pengaturan bass serta treble secara terpisah agar kualitas suara yang dihasilkan bisa sesuai dengan selera. 

Nah untuk hasil yang maksimal, jika sudah upgrade head unit, tahapan selanjutnya adalah meng-upgrade speaker dan tambahan subwoofer.

"Buat kualitas audio yang maksimal, tahapan selanjutnya upgrade speaker, dan tambah subwoofer, subwoofer supaya suara bass lebih berasa dan bulat, juga peredam kabin" tutup Tara dari Kiki Rotary Motor.