Tips Merawat BMW E46, Perhatikan Thermostat dan Water Pump Radiatornya

Dok Grid - Senin, 9 Oktober 2023 | 11:47 WIB

BMW Seri 3 E46 (Dok Grid - )

Otoseken.id - BMW E46 merupakan BMW seri 3 yang tampilannya dinilai masih cocok untuk 'bergaul' dengan sedan-sedan yang usianya lebih muda.

BMW E46 pertama kali diperkenalkan tahun 1999 lalu menggantikan E36, ubahan pada E46 mampu membuat sedan asal Jerman ini lebih elegan sekaligus menjadi salah satu BMW yang terlaris.

Namun usianya yang lebih dari 2 dekade membuat pengguna E46 mengeluhkan panas berlebih (overheat) di bagian mesin.

"Masalah overheat emang banyak di E46, tapi itu karena masalah sistem pendinginannya, hanya di thermostat-nya aja," buka Marenno, owner bengkel spesialis BMW East Tuning di Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur.

ryan/gridoto.com
BMW E46 318 seken

Baca Juga: Mesin Overheat Hingga Boros BBM, Inilah Kelemahan BMW Seri 5 E39 Bekas

"Thermostat itu kan fungsinya membantu radiator untuk menjaga suhu mesin tetap ideal, tapi dia baru ngebuka di 105 (derajat Celcius), padahal idealnya 71 (derajat Celcius), 117 sudah overheat," katanya.

"Solusinya ganti thermostat custom masalah selesai, enggak rewel lagi," tambah Pria yang disapa Renno.

Thermostat merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin mesin untuk mencegah mesin overheat, cara kerjanya dengan mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin dari radiator.

Menurut Renno penyakit ini terjadi dikarenakan konstruksi pendinginan yang tak sesuai dengan iklim Indonesia.

Selain itu masalah yang sering dialami yakni pada water pump, selang , maupun radiator bocor dikarenakan faktor usia pemakaian yang hampir 20 tahun.

"BMW E46 belum menggunakan extra fan, hanya elektrik fan, kalau yang M325 kan dia Visco Fan ya bukan elektrik, tinggal pakai yang punya M325 bisa teratasi," tutup Marenno, owner bengkel spesialis BMW East Tuning di Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baca Juga: Inilah Potensi Penyakit BMW E46 Bekas, Harap Perhatikan Sebelum Beli