Perawatan Transmisi Matik Volvo V70, Harus Pakai Oli Transmisi Spesifikasi Tinggi

Naufal Shafly,Abdul Aziz Masindo - Minggu, 27 September 2020 | 21:22 WIB

Volvo V70 generasi pertama (Naufal Shafly,Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Volvo V70 generasi pertama mulai dipasarkan di November 1996, tetapi baru masuk ke Indonesia setahun berikutnya, tepatnya pada 1997.

Station wagon ini peredaran di Indonesia sangat sedikit, makanya populasi yang sedikit membuat Volvo V70 menjadi langka.

Volvo V70 juga dibangun dari basis yang sama dengan Volvo S70 dan Volvo XC70, perbedaanya Volvo S70 merupakan jenis sedan, sedangkan XC70 adalah sebuah crossover.

 

Pemilik Volvo V70 atau yang berencana meminang Volvo V70, harus perhatikan perawatan transmisi, khususnya oli transmisi matik.

Naufal Shafly/GridOto.com
Ilustrasi bagian interior Volvo V70 generasi pertama

Baca Juga: Naksir Volvo V70 Bekas? Ini Penyakit yang Sering Dialami, Ada di Interior

"Matiknya terhitung bandel selama perawatannya benar dan rajin cek apakah ada kebocoran oli matic atau tidak," buka Oddo pemilik bengkel spesialis Vlolvo Vota Motor di Jl Pangeran Antasari, Cipete Utara, Jakarta Selatan. 

"Kalau oli bocor, gesekan kopling kan makin besar dan cepat habis koplingnya. Maka saran saya, kalau misal ngelihat kebocoran, apapun itu, buru-buru ke bengkel," lanjut Oddo.

Selain itu, perhatikan juga spesifikasi oli transmisi, Oddo menyarankan untuk menggunakan spesifikasi oli transmisi matik lebih tinggi dari yang direkomendasikan pabrikan.