Penyakit di Power Steering Hidraulis, Komponen Ini Yang Sering Kena

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 10 November 2020 | 21:48 WIB

Spare part Power Steering di bengkel spesialis Intan Motor77 (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.idWalaupun mobil-mobil modern kebanyakan sudah memakai power steering jenis elektrik, tapi beberapa mobil masih ada yang menggunakan power steering hidraulis.

"Toyota Innova, hilux, Fortuner itu masih pakai hiidraulis, tapi kebanyakan yang perbaikan di sini itu Avanza dan Xenia lawas yang masih hidraulis," buka Budhi, pemilik bengkel spesialis power steering Intan Motor77 di Harapan Indah, Bekasi.

Berebeda dengan power steering elektrik yang mengandalkan motor dan sensor ECU, power steering hidraulis mengandalkan fluida sehingga memerlukan oli dan pompa.

"Kalau Hidraulis power steering kan ada selang-selang, beda sama EPS yang polos, jadi sepanjang mesin nyala oli power steering terus bersirkulasi," kata Budhi.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Komponen power steering yang sedang diperbaiki

Baca Juga: Jangan Sepelekan Karet Boot Power Steering Sobek, Bisa Berakibat Fatal

"Pompa power steering dibantu vanbelt dai mesin yang bikin oli power steering bersirkulasi, tekanan paling tinggi itu pas belokan patah," lanjut Budhi.

Namun seiring pemakaian, power steering hidraulis juga bisa mengalami masalah, umumnya masalah di power steering adalah kebocoran oli power steering.