Mobil Terendam Banjir, Lakukan 4 Cara Ini Biar Enggak Makin Fatal

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 21 Februari 2021 | 18:30 WIB

Ilustrasi mobil Honda CR-V setelah terendam banjir (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Banjir di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya membuat mobil-mobil ikut terendam banjir, namun penanganan yang salah bisa menyebabkan kerusakan yang fatal.

"Mobil habis terendam banjir jika salah penanganannya bisa berakibat fatal," tekan Fajar Rudi, dari bengkel Auto Teknik di Sangiang Tangerang, Banten (21/2/2021).

Mobil setelah terendam banjir, biar enggak salah penanganan dan berisiko timbul kerusakan fatal, sebaiknya lakukan 4 hal ini:

1. Matikan mesin kendaraan

Menurut Fajar, cara pertama ketika mobil habis terendam banjir jangan sekali-kali menghidupkan mesin, sebab bisa berpotensi mengalami kerusakan pada ECU dan elektrikal lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Periksa Mobil Bekas Banjir dari Interior, Jangan Sampai Tertipu

"Mobil yang habis terendam banjir jangan langsung hidupkan mesin, berisiko ECU mobil bisa kena, ketika mesin hidup ECU akan bekerja," katanya.

Selain itu, jika air masuk ke dalam ruang pembakaran, ketika menghidupkan mesin berisiko merusak komponen yang ada di dalam mobil, dampak parahnya bisa kena gejala water hammer.

2. Lepas konektor aki mobil

Lepas konektor aki mobil ini untuk meminimalkan terjadinya korsleting.

"Supaya meminimalisir terjadinya korslet, sebaiknya lepas konektor aki, lepas bagian negatif dulu, baru yang positif," ujarnya.