Ini Penyakit Mobil Honda BR-V Menurut Bengkel Spesialis dan Komunitas

Dok Grid - Kamis, 18 Januari 2024 | 11:28 WIB

Honda BR-V perbaikan kaki-kaki (Dok Grid - )

Otoseken.id - Honda BR-V merupakan LSUV yang menawarkan beberapa kelebihan, desainnya yang ganteng dan berkapasitas 7-penumpang, namun bengkel spesialis ungkap penyakit BR-V yang ganggu kenyamanan pengguna.

Syaiful alias Awe, pemilik bengkel Awe Motor mengungkap, penyakit Honda BR-V yang kerap dikeluhkan yakni pada bagian kaki-kaki, khususnya kaki-kaki depan.

"Sebenarnya saya ini bengkel umum, menangani merek mobil apa saja, tapi karena saya ikut komunitas, dan kebetulan punya BR-V juga, jadi saya paham penyakit-penyakit yang sering dikeluhkan pemilik BR-V," buka Pria yang akrab disapa Awe yang berlokasi di Jalan Parung Aleng, Cikeas, Bogor.

"Mesin Honda BR-V sejauh ini tidak ada masalah, justru Keluhan paling banyak di kaki-kaki depan, boot, bushing arm, karet support sokbreker dan engine mounting kanan," lanjut Awe, owner Awe Motor.

"Paling banyak karet boot itu, sudah hampir 150 unit BR-V yang saya tangani karet boot itu ya, karet boot drive shaft itu terdapat cincin, nah cincinnya itu yang sering bermasalah terpisah dari boot, kalau Mobilio beda, dia karet boot-nya full karet," lanjutnya.

Baca Juga: Inilah Kekurangan dan Kelebihan Honda BR-V, LSUV Irit dan Bertenaga 

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Boot Drive Shaft Honda BR-V

Sekedar informasi, drive shaft berperan sebagai penerus tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin dari transmisi menuju roda-roda penggerak, jika karet boot drive shaft rusak, akan mengganggu kinerjanya.

Saat kami kunjungi, kebetulan terdapat 2 unit Honda BR-V yang sedang melakukan perbaikan kaki-kaki dengan keluhan ada suara bunyi bunyi di area depan.

"Saya ganti karet boot, sudah pecah jadi gemuk di dalam boot-nya habis, jadi ada suara dengung di dalam kabin," kata Amar, pemilik Honda BR-V lansiran 2017 saat diwawancarai.