Ngakak Liat Pintu Gunting Honda Jazz di Sinetron, Ini Engsel yang Disarankan Bengkel Spesialis

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 9 Juli 2021 | 12:04 WIB

Adegan Joko buka pintu Honda Jazz yang sudah dimodifikasi di sinetron Dari Jendela SMP (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Beberapa waktu lalu, netizen dibuat ngakak dengan Honda Jazz GE8 yang dimodifikasi di cuplikan sinetron salah satu TV swasta.

Ini karena modifikasi pintu gunting yang dipakai Honda Jazz berwarna putih tersebut goyang-goyang saat dibuka.

Nah engsel pintu ini menjadi perhatian khusus dan menjadi point penting dalam memodifikasi dari pintu standar ke pintu gunting ala lamborghini.

"Engsel pintu itu kan yang membuat pintu bergerak, kita memodifikasi pintu buka ke atas tentu yang harus diganti engselnya," terang Bondi, spesialis pintu gunting Linet Lambo Door Indonesia di bilangan Duren Sawit Jakarta Timur.

Bondi menekankan, pemilihan jenis engsel harus diperhatikan, menurut Bondi ada dua jenis engsel yang beredar di pasaran.

Abdul Aziz Masindo
Pintu Gunting Toyota Vios

Baca Juga: Toyota Limo Modifikasi Vios Facelift, Pakai Pintu Ala Lamborghini

"Engsel pintu gunting ada dua jenis, ada yang model PNP (Plug and Play) yang kita custom, dan engsel universal yang dibuat di pasaran," katanya.

Menurutnya, engsel yang dibuat secara custom sesuai dengan jenis mobil dan memiliki kualitas yang lebih baik serta presisi ketimbang engsel model universal.

"kalau engsel custom, bikinin saya yang PNP ini, engsel dan lubang baut yang menyesuaikan, mobil jadi lebih aman, tanpa merusak bodi, pengelasan atau mengubah bentuk," ujarnya.

"kita bikin atau custom engselnya supaya cocok ke mobil, misalnya untuk mobil Yaris pakai engsel Yaris, Xpander pakai engsel Xpander yang sudah saya buat, itu supaya pemasangan PNP dan presisi," lanjut Bondi.