Per CVT Motor Matik Jangan Kekerasan, Ini Efek Negatifnya

ARSN,Uje - Rabu, 21 Juli 2021 | 12:05 WIB

CVT Yamaha NMAX (ARSN,Uje - )

Otoseken.id - Per CVT aftermarket memang dijual dengan tingkat kekerasan beragam  dan umumnya lebih keras dari per CVT bawaan.

Namun, ternyata ada efek negatif yang bakal muncul kalau motor matik kalian dipasangkan per CVT terlalu keras.

"Untuk per CVT aftermarket itu rata-rata ukurannya 1000, 1500 sampai 2000 rpm," buka Gunawan, Engineering PT. Faito Racing Develompment (FRD).

"Tapi untuk pemilihan juga jangan sampai asal, untuk motor-motor yang mesinnya belum ada ubahan tidak disarankan pakai yang ukuran 2000 rpm," terang Om Gun sapaan akrabnya.

Baca Juga: Terungkap, Ini 3 Penyebab yang Bikin Tarikan Motor Matik Loyo

Karena selain bikin tarikan motor jadi berat, ternyata per CVT yang terlalu keras bisa bikin v-belt dan roller lebih cepat aus.

"Simpelnya per CVT yang terlalu keras bikin pulley jadi lebih berat untuk terbuka, efeknya v-belt dan roller kerjanya lebih berat," terangnya lagi.

Nurul
Per CVT Honda PCX 150 lokal

"Dalam jangka waktu panjang tentu ini bakal bikin roller dan v-belt jadi cepat tergerus, nantinya malah bikin uang keluar lebih banyak," wantinya.

"Apalagi kalau pasang per CVT tapi tidak diperhatikan kondisi v-beltnya, nanti kalau tiba-tiba putus kan jadi berbahaya buat kalian," tutupnya.

Baca Juga: 3 Hal Penyebab V-belt Pada Motor Matik Gampang Putus, Awas Bahaya