Mudah Banget, Begini Cara Deteksi Mobil Bekas Low Kilometer Asli

ARSN,Abdul Aziz Masindo - Kamis, 23 September 2021 | 16:05 WIB

Toyota Yaris bekas low km (ARSN,Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Artikel sebelumnya tim Otoseken udah membahas cara mengetahui odometer yang asli atau sudah dimunduri melalui kondisi interior.

 

Tapi selain dari bagian interior, ada juga bagian lain yang bisa menjadi penilaian mobil bekas beneran asli low kilometer atau sudah diakal-akali.

Yakni pada bagian ban mobil, cara ini bisa dilakukan terutama untuk mobil produksi tahun muda kurang dari 5 tahun tetapi punya jam terbang yang cukup tinggi.

"Sebagai gambaran bisa lihat kode produksi ban mobil apakah cocok dengan tahun produksi mobil yang dijual," buka Masyogi Adiputra, Head of Marketplace Carro Indonesia di Carro Automall Harapan Indah, Bekasi.

Baca Juga: Awas Dibohongi, Begini Cara Mengetahui Odometer Mobil Bekas Asli atau Dimunduri

GridOto.com
Kode produksi ban motor

"Sebagai contoh Mitsubishi Pajero Sport tahun 2018, pastikan kode ban yang terpasang masih produksi 18 di dua digit belakang," lanjut Masyogi

Cara membaca kode produksi ban, angka pertama menunjukan tanda minggu ke berapa, sedangkan angka belakang menunjukan tahun saat diproduksi.

Sebagai contoh kode 1318 artinya dibuat pada minggu ke-13 dan tahun 2018.

 

Kecocokan produksi ban dengan tahun mobil bisa menjadi indikasi belum ada penggantian ban untuk menutupi kekurangan tapak ban yang sudah aus atau botak pada usia mobil yang belum lama.

Baca Juga: Awas Bikin Silau, Ini Kelvin yang Disarankan Saat Ganti Lampu Mobil LED