Toyota Raize dan Rocky Bermesin 1.0 Turbo Jangan pakai Oli Kental, Dampaknya Fatal

Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - Senin, 10 Januari 2022 | 07:00 WIB

Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT (Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - )

Otoseken.id - Bagi Anda pemilik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky bermesin 1.0 Turbo, jangan sampai salah pemakaian oli mesin yang tak sesuai spesifikasi.

Sebab compact SUV Raize - Rocky memakai kapasitas mesin kecil yang hanya 1.000 cc dengan doping turbocharger. Nah, pada sistem turbonya ini memiliki sistem pelumasan yang terhubung dengan pelumasan mesin.

Jadi, oli mesin tugasnya bukan hanya melumasi komponen bergerak di dalam mesin, tapi juga turbonya.

Selain itu, karena pada mesin-mesin modern seperti yang dipakai Raize – Rocky ini dirancang lebih presisi dengan clearance yang lebih rapat, maka dibutuhkan oli dengan viskositas lebih encer.

"Dari pabrikan direkomendasikan menggunakan Toyota Motor Oil (TMO) Full Synthetic SAE 5W-30," sebut Son Ashari, Service Manager Astrido Toyota Pondok Indah, Jakarta Selatan, dikutip dari Gridoto.com.

F. Yosi/Otomotifnet
Mesin Toyota Raize 1.0L Turbo

Namun penggunaan oli mesin dengan kekentalan atau SAE 0W-20 masih diperbolehkan.

Nah, yang tidak ditolerir adalah penggunaan oli yang kekentalannya di atas itu, misalnya SAE 10W-40.

Sebab bakal muncul masalah serius terhadap kinerja mesin. "Kalau kekentalan bisa merusak turbonya, karena oli ini digunakan juga untuk pelumasan turbo,” wanti Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM).

Untungnya pada Raize – Rocky dibekali sistem peringatan dini jika salah menggunakan oli mesin. Yakni muncul peringatan di layar MID atau meter clusternya.