Penyakit Toyota Limo Eks Taksi, Waspada Oil Sludge dan Dua Bagian Ini

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 18 Maret 2022 | 15:15 WIB

Toyota Limo eks taksi (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Harganya yang murah tapi tahun relatif muda, menjadikan mobil bekas operasional taksi diminati masyarakat Indonesia, salah satunya Toyota Limo ini.

Sekedar informasi, Toyota Limo merupakan mobil sedan berukuran kompak berbasis dari Vios yang diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) untuk menyasar untuk armada taksi.

Karena merupakan varian fleet, makanya fitur-fiturnya banyak yang dipangkas, seperti tidak adanya power window, electric mirror, dan rem ABS yang masih absen, bahkan peleknya pun masih absen.

Sunduro Edi selaku inspector mobil bekas independen, mengatakan sudah beberapa kali melakukan inspeksi mobil bekas Toyota Limo eks taksi.

"Saya beberapa kali inspeksi mobil-mobil Limo eks taksi, kalau mobil eks taksi jangan berekspektasi tinggi, nabrak-nabrak dikit mah wajar, yang penting jangan bekas tabrak parah atau jangan bekas banjir," kata Edi, Inspector mobil bekas independen.

Masih kata Edi, selama ia inspeksi Toyota Limo eks taksi banyak ditemui oil sludge, penyebab utama oil sludge adalah pemilik mobil yang sering telat ganti oli mesin.

Radityo Herdianto / GridOto.com
Waspada Oil Sludge atau Endapan Lumpur di Dalam Mesin Mobil

Oli mesin yang jenuh dan endapan residu kotoran menciptakan endapan seperti lumpur yang bisa menurunkan performa mesin bahkan bisa merusak mesin.

"Kalau saya insapeksi pasti buka tutup oli mesin, itu banyak saya temui endapan oli," lanjut Edi.

Edi menyarankan, jika mengambil unit Toyota Limo eks Taksi, disarankan turun mesin untuk membersikan endapan kerak dan servis sistem pendingin mesin atau radiator.