Tips Beli Honda Jazz Generasi Pertama, Penting Periksa Tiga Bagian Ini

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 19 Maret 2022 | 09:04 WIB

Honda Jazz GD3 (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Honda Jazz generasi pertama atau biasa disebut Jazz GD3 meskipun sudah berumur, tapi masih banyak anak muda yang mengidamkan Jazz generasi pertama ini.

Rival terberat dari Toyota Yaris ini datang dengan desain yang sporty dan masih oke diajak gaul, Jazz GD3 diluncurkan lebih dulu ketimbang Yaris, yakni pada Februari 2004.

Pada saat itu Jazz dengan mesin 1.500 cc ini hanya ada i-DSI (Intelegent Dual Sequential Ignition) bertenaga 87 dk yang terkenal irit bahan bakar.

Barulah satu tahun berikutnya atau tepatnya tahun 2005, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan Jazz dengan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) alhasil tenaganya melonjak menjadi 110 dk.

Honda Jazz menawarkan transmisi otomatis CVT yang halus dengan 7 speed mode, dan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Dok.OTOMOTIF
Interior Honda Jazz i-DSI 2004

Sugito selaku owner dari bengkel spesialis Honda Camp mengatakan, Honda Jazz memiliki beberapa keunggulan.

"Honda Jazz generasi pertama atau Jazz GD3 itu memiliki kelebihan walaupun desainnya keliatan compact, tapi dalamnya lega, desainnya juga masih sporti," ujar pria yang akrab disapa Gito.

"Kalau Jazz GD3 yang varian i-DSI itu terkenal sangat irit bahan bakar, sedangkan untuk yang VTEC tenaganya lebih besar sehingga lebih fun to drive," lanjut Gito.

Namun bagi Anda yang berencana memburu Honda Jazz GD3 alias Jazz generasi pertama, Sugito ungkap 3 bagian yang sering ia perbaiki di bengkel miliknya.