Jangan Sampai Mobil Overheat Saat Dipakai Mudik, Kenali Enam Penyebab Mobil Overheat

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 27 April 2022 | 14:31 WIB

Ilustrasi mobil yang mengalami overheat (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Sebelum berangkat mudik lebaran ke kampung halaman, penting untuk memastikan kondisi mobil, khususnya bagian pendinginan mesin alias radiator.

Radiator memiliki fungsi untuk sistem pendinginan mesin, perjalanan jauh ditambah kondisi lalu lintas yang bermacet-macet, tentunya kondisi sistim pendinginan mesin ini dalam kondisi prima. 

Jangan sampai mobil mengalami overheat alias panas berlebih ketika dipakai mudik lebaran. Mobil yang mengalami overheat bisa diketahui melalui indikator di panel instrumen atau spidometer.

Jika indikator suhu mesin menunjukkan huruf 'H' atau lampu indikator suhu radiator menyala warna merah, sebaiknya segera cari tempat aman untuk menepi.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi mobil mengalami overheat

Sebab mesin yang mengalami overheat, berisiko terjadinya kerusakan mesin, seperti piston yang melengkung dan sebagainya.

"Mesin yang mengalami overheat, dampak terparahnya bisa turun mesin akibat piston yang melengkung dan bisa merusak blok silinder," buka Wahri, Owner bengkel Spesialis Suzuki Ari Motor di BSD Tangerang Selatan.

Lantas apa saja yang menyebabkan mobil terjadi overheat?

1. Terjadi Kebocoran Coolant Radiator

istimewa
Ilustrasi kebocoran coolant