Honda CR-V Generasi Pertama, SUV Senyaman Sedan, Harganya Sudah Kegoreng

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 12 Juni 2022 | 12:50 WIB

Ilustrasi Honda CR-V generasi pertama (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Kenyamanan berkendara menjadi nilai plus untuk Honda CR-V ini, sebab pada awal-awal kemunculan Honda HR-V generasi pertama ini, banyak yang kagum berkat kenyamanannya.

Sebenarnya Honda CR-V generasi pertama ini sudah ada sejak tahun 1995, tapi SUV besutan Honda ini baru masuk di tahun 2000.

Seperti kita ketahui, pada tahun 90-an sampai awal 2000, Honda identik dengan model sedan maupun hatchback, tapi segmen SUV ini patut diacungi jempol berkat kenyamanan berkendaranya yang mirip sedan meskipun dengan ground clearance cukup tinggi alias jangkung.

Faktor kenyamanan SUV negeri matahari terbit alias Jepang ini bersumber pada konstruksi suspensinya. Di bagian depan dan belakang mengadopsi tipe double wishbone seperti yang dipakai di sedan-sedan Honda lain.

Menambah kestabilannya, dilengkapi pula batang stabilizer. Meski jangkung, gejala body roll ketika bermanuver pada kecepatan 120 km/jam minim.

Dok.Otomotif
Honda CR-V Gen 1 2001 (1)

Berlanjut ke dapur pacunya, Honda Prospect Motor (HPM) selaku perakitnya mempercayakan mesin DOHC 2.000 cc, 16 katup.

Model ini merupakan tipe DOHC pertama Honda yang diperkenalkan pada konsumen Indonesia pada saat itu.

Versi transmisi otomatisnya mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 14,5 detik. Untuk model manualnya sedetik lebih cepat.

Honda CR-V generasi pertama memiliki pilihan penggerak Gerak 2 roda (2WD) dan 4 roda (4WD), Sistem gerak 4 rodanya bertipe realtime 4 WD.