Bikin Heran Suspensi Mobil Amblas Sebelah, Ternyata Ini Penyebabnya

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 24 Juni 2023 | 15:52 WIB

Ilustrasi mengukur jarak roda ke fender mobil (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Mobil tinggi sebelah atau suspensi yang amblas hanya bagian sebelah, penyebabnya dari beberapa komponen di kaki-kaki yang sudah rusak.

Misal pada ban belakang sebelah kiri diukur dapat 4 jari, sedangkan ketika ban belakang di sebalah kanan di ukur hanya bisa masuk 3 jari.

Suspensi mobil yang amblas sebelah atau hanya pada satu ban saja dapat memengaruhi kestabilan dalam kendara, lantas apa yang menyebabkan suspensi amblas?

Menurut Agun Gunawan dari GY Autoshock di Bekasi Timur mengatakan, suspensi yang amblas bisa disebabkan dari banyak faktor, bisa dari spring (per), shockbreaker, atau dari bushing.

Abdul Aziz Masido/otoseken.id
Spring atau per mobil

Kalau bagian spring atau per, umumnya disebabkan karena spring yang sudah lemah, biasanya sering ditemui di mobil-mobil yang sudah tua, atau bisa juga karena per yang sudah dipotong namun tidak sama antara kanan dan kiri.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Tinggi Suspensi Mobil Tipe Independent, Ternyata Mudah Sob

"Penyebab amblas sebelah biasanya dari salah satu spring atau per yang sudah lemah, jadi baja pernya lemah, atau bisa juga pernya sudah potongan, tapi potongnya enggak sama antara yang kanan dan kiri," ujar Agun.

Kemudian bisa juga dari shockbreaker yang sudah lemah, kerusakan dari shockbreaker ini ditandai dengan kebocoran atau ada cairan berupa oli yang keluar dari tabung shockbreaker.

Abdul Aziz Masindo/otoseken.id
Servis shockbreaker mobil