Biar Nyaman Lagi, Biaya Peremajaan Kaki-Kaki Toyota Avanza 2011 Ke Atas Enggak Mahal

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 29 Juni 2022 | 14:00 WIB

Toyota Avanza Generasi Kedua (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Kaki-kaki mobil merupakan bagian yang cukup penting di mobil, jika kaki-kaki mobil bermasalah, dapat mengganggu kenyamanan dak kestabilan dalam berkendara.

Biasanya mobil yang berusia sudah lebih dari 5 tahun, beberapa komponen kaki-kaki mobil sudah mulai aus dan sudah waktunya diganti.

Terlebih jika mobil yang sering melewati jalan rusak atau sering membawa muatan yang penuh.

Tapi bagi pemilik Toyota Avanza generasi kedua produksi tahun 2011 ke atas enggak usah khawatir, sebab menurut Agun Gunawan dari bengkel spesialis kaki-kaki GY Autoshock, harga kaki-kaki Avanza gen 2 ini melimpah dan enggak mahal.

"Kalau Toyota Avanza mau peremajaan kaki-kaki supaya nyaman lagi enggak perlu khawatir, spare partnya banyak mulai dari yang ori sampai after market, copotannya juga banyak, dan harganya yang ori juga murah, copotan juga murah," buka Agun yang bengkelnya di Bulak Kapal Bekasi, Jawa Barat.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi cek kaki-kaki mobil

Masih kata Agun, gejala kaki-kaki mobil yang sudah rusak diantaranya suspensi sudah keras atau ayunan yang berlebih, laju kabur-kaburan ke kanan atau ke kiri, dan adanya bunyi-bunyi gluduk-gluduk di area kaki-kaki.

"Kalau untuk peremajaan kaki-kaki sebenarnya bisa diliat dulu kerusakannya, mana saja yang waktunya diganti, misal ganti sokbreker-nya saja, atau bagian depan kayak ball joint atau tie rod-nya saja," katanya.

"Tapi umumnya kalau untuk Avanza paling sering di sokbreker," lanjut Pria yang akrab disapa Gun's Chadaz.

Berikut biaya permejaan kaki-kaki Toyota Avanza genersi pertama di bengkel spesialis GY Autoshock: