Bukan Calya-Sigra, Datsun GO+ Panca Sang Pelopor LCGC 7-Seater Tapi Cabut Duluan

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 8 Juli 2022 | 14:41 WIB

Body Datsun GO+ Panca 2014 (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Pada awal kehadiran mobil di kelas LCGC (Low Cost Green Car), hanya Datsun yang berani tampil beda dengan meluncurkan LCGC yang memiliki konfigurasi jok 3 baris.

Datsun menamai mobil murahnya dengan nama GO+ Panca yang diperkenalkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Datsun di Indonesia pada tahun 2014.

LCGC dengan konfigurasi jok 3 baris berkapasitas 7-penumpang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra baru meluncur di GIIAS 2016.

Tapi Datsun tidak mengatakan GO+ Panca sebagai sebuah mobil 7-seater murni, mereka menyebut mobil ini memiliki konfigurasi bangku 5+2 yang artinya.

Memang bukan sejatinya mobil 7-penumpang, karena kursi baris ketiga hanya cocok untuk anak-anak, orang dewasa tidak akan nyaman berada di kursi baris ketiga Datsun GO+.

Dok.OTOMOTIF
Jok Baris ketiga Datsun GO+ Panca 2014

Selain itu, jika kursi baris ketiga digunakan, ruang bagasi di Datsun Go+ tidak ada sama sekali, inilah yang membuat masyarakat Indonesia lebih menyukai LCGC Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Dok.OTOMOTIF
Datsun GO+ Panca 2014 Bagasi

Sayangnya walaupun Datsun GO+ Panca merupakan LCGC pelopor 7-seater, tapi sejak Januari 2020 lalu, Nissan Motor Indonesia menghentikan produksi seluruh line-up Datsun.

Jika kita mengenang pada awal peluncurannya, Datsun GO+ menawarkan 5 tipe, D, A, A Option, T dan T Option.