Proses Kondensasi Bisa Timbulkan Air di Tangki BBM, Solusinya Pakai Ini

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 27 November 2022 | 16:43 WIB

Wealthy fuel conditioner. Salah satu fungsinya menghilangkan air di bahan bakar (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Bahan bakar minyak (BBM) yang terlalu lama di dalam tangki mobil terlebih jika bahan bakar sering dalam keadaan sedikit dapat terbentuk uap air.

Proses kondensasi yang terjadi di tangki bahan bakar terjadi karena banyaknya ruang kosong pada tangki karena bahan bakar minyak (BBM) yang sedikit.

Seperti kita ketahui, sifar air tidak akan menyatu dengan bahan bakar minyak, air tersebut tentunya bisa bikin dampak negatif.

Air yang terkontaminasi dengan bahan bakar, berdampak pada kinerja fuel pump dan bisa bikin fuel pump rusak, dampak terparahnya bisa bikin water hammer.

Arief Hidayat, CEO Wealthy Group mengatakan, salah satu solusi untuk menghilangkan air yang mengendap di tangki adalah dengan additive fuel water remover.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken
Percobaan Wealthy Fuel Conditioner, dengan mencampurkan air mineral dan bahan bakar

"Wealthy Fuel Conditioner ini dapat mengikat senyawa air sehingga senyawa air hilang dan berubah menjadi H2 atau gas," ucap Arief Hidayat, CEO Wealthy Group di Cengkareng, Jakarta Barat.

Untuk harga Wealthy Fuel Conditioner, di marketplace official Tokopedia Wealthy Indah Perkasa, dibanderol Rp 109.300 untuk ukuran 300 ml.

Ia melanjutkan, additive ini bisa digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin maupun diesel.

Selain untuk menghilangkan senyawa air di dalam tangki bahan bakar, Wealthy Fuel Conditioner ini dapat membersihkan  dan menjaga sistem pembakaran tetap bersih dari karat.

"Manfaat lain juga dapat membersihkan sistem pembakaran dari karat yang berpotensi menyumbat, sehingga mengoptimalkan kinerja mesin," kata Arief.

Arief menegaskan kalau produknya aman digunakan baik untuk kendaraan bermesin bensin maupun diesel tanpa memengaruhi kinerja mesin dan catalytic converter.

Baca Juga: Mobil Sering di Garasi dalam Waktu Lama Sebaiknya Isi BBM Full, Ini Alasannya