Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Air Kotor di Hujan Cepat Mengikis Gir Set, Simak Contekan Berikut

RZ-1 - Selasa, 5 Februari 2019 | 18:15 WIB
Sering dibersihkan dan dilumasi ketika masuk musim hujan
DOK. MOTOR PLUS
Sering dibersihkan dan dilumasi ketika masuk musim hujan

Otoseken.id - Hujan adalah musuh terbesar rantai di motor sport, juga perlu diwaspadai lantaran posisi rantai di motor laki itu terbuka.

Di musim hujan seperti sekarang ini, nggak hanya bisa merusak cat dan bikin kusam bodi motor, tapi juga dapat mempersinghkat umur pakai rantai di motor sport.

"Selain sifatnya asam, genangan air hujan yang ada di jalan juga banyak mengandung pasir," buka Boim dari bengkel Boim Motor.

Kelamaan dibiarkan atau tidak segera dicuci bersih, pasir yang terdapat di jalanan tadi bisa dengan cepat mengikis gir set.

Baca Juga : Harga Suzuki Satria Bekas, Diincar Karena Dianggap Layak Beli

"Terutama kalau nempel di chain lube atau oli rantai pastinya bakal menggumpal. Gumpalan itu sering kali bikin rantai jadi cepat kendur," sahut Boim lagi dari markasnya di Bojonggede, Kabupate Bogor, Jawa Barat.

Air hujan juga dapat mengikis lapisan chain lube atau oli rantai.

"Pasti kalau sehabis dipakai berkendara di hujan atau banyak melibas genangan air, rantai jadi kering, itu juga yang bisa mempercepat umur rantai," pungkasnya.

Biar rantai motor sport awet, di musim hujan seperti sekarang ini diingatkan untuk jangan malas mencuci motor dan melumasi rantai setelah diajak menerobos genangan air.

Baca Juga : Scooter House Djakarta, Suka Vespa, Cewek Ini Rela Buka Bengkel

Editor : RZ-1

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa