Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Engine Cut Off di Motor, Bukan Cuma Matikan Mesin Tapi Juga Safety

RZ-1 - Sabtu, 16 Februari 2019 | 13:30 WIB
Fitur Engine Cut Off di motor juga untuk safety riding
DOK. MOTOR PLUS
Fitur Engine Cut Off di motor juga untuk safety riding

Otoseken.id Engine cut off atau ECO adalah fitur yang ada di motor dan biasanya ada di bagian kanan setang dengan tampilan sakelar merah, fungsi utama ECO sesuai namanya adalah mematikan mesin selain menggunakan kunci konvensional.

Selain bertugas mematikan mesin, ECO juga berkaitan dengan fitur safety riding atau keselamatan berkendara,yakni penyelamat nyawa pengendara ketika terjadi kecelakaan, dengan adanya ECU, pengendara bisa terhindar dari kecelakaan.

Pemilik motor seken yang baru beli unit seken penting banget tahu fungsi ECO yang bukan sekadar berfungsi mematikan mesin itu. 

"Tujuan disematkan tombol ECO itu untuk keamanan, supaya mesin bisa dengan cepat dimatikan. Misalkan pada saat kondisi motor terjatuh atau mengalami kecelakaan agar motor tidak terus melesat karena mesin sudah dimatikan," beber Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga : Cermati Betul Hal-Hal Ini Saat Mau Beli Yamaha NMAX Bekas

Andai mengalami kecelakaan dan mesin masih dalam kondisi tetap hidup, laju motor karena roda terus berputar bisa jadi akan bertambah liar dan kemungkinan menyeruduk pengendara lain.

Selain keselamatan berkednara, tombol ECO juga punya tugas lain, khususnya ketika motor mengalami masalah.

Fungsi lainnya juga bisa dimanfaatkan umematikan mesin saat motor bermasalah, sepertiketika sedang pelintir gas eh tiba-tiba nyangkut.

Editor : RZ-1

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa