Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW Lawas Kian Populer, Perhatikan Penyakit Seri 3 E36 Ini Sebelum Membeli

Taufan Rizaldy Putra - Jumat, 14 Juni 2019 | 15:05 WIB
BMW 320i E36 dengan body kit M-Tech
Otoseken.id
BMW 320i E36 dengan body kit M-Tech

Otoseken.id - Semakin banyaknya influencer yang menggunakan BMW lawas sebagai platform project car mereka nampaknya membuat popularitas mobil-mobil tersebut meningkat.

BMW E30 dan E36 pun makin banyak berseliweran di jalan dan kolom-kolom situs jual beli online.

Jika Anda tertarik untuk membeli BMW lawas, terutama E36, ada satu penyakit yang perlu Anda perhatikan.

Penyakit tersebut adalah overheating yang kerap menjangkit mobil ini terutama di iklim Indonesia yang panas serta kondisi jalan yang padat.

(Baca Juga: Ini Bahaya Udara Panas di Dalam Kabin Mobil, Sering Disepelekan)

"Mobil ini memang usianya sudah mencapai 20 tahunan, ya wajar saja kalau ada masalah," ungkap Mashadi, punggawa bengkel Exclusive Garage di Tebet, Jakarta Selatan.

Tampilan belakang BMW 320i E36
Otoseken.id
Tampilan belakang BMW 320i E36

Ia juga mengungkapkan bahwa overheat menjadi penyakit yang umum terjadi pada mobil-mobil Eropa dikarenakan konstruksi pendinginan yang kurang cocok di daerah tropis.

"Biang keroknya ada beberapa, dari mulai visco fan atau water pump rusak, expansion tank radiatoryang retak, dan bisa juga rumah thermostat atau selang radiatornya sudah getas," ujar pria yang akrab disapa Hadi.

Kalau komponen tersebut sudah bermasalah, ia menyarankan agar pemilik langsung menggantinya agar tidak menjalar ke bagian lain seperti cylinder head mesin.

"Kalau visco fan bisa diganti baru, atau solusi lebih baik diganti dengan electric fan saja. Lebih reliable karena di Indonesia banyak terjebak di kemacetan dan lalu lintas stop n' go," bebernya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa