Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inilah Spesifikasi Oli Transmisi Mobil Matik, Jangan Salah Pakai

Dok Grid - Rabu, 20 September 2023 | 10:05 WIB
Transmisi matik
Salim/GridOto
Transmisi matik

Otoseken.id - Transmisi mobil berfungsi sebagai pemindah tenaga, sistem transmisi dapat memindahkan gigi yang memberikan torsi.

Secara garis besar, transmisi dibagi menjadi 2, yaitu transmisi manual dan matik, transmisi matik sendiri ada yang menggunakan CVT dan matik konvensional.

Perawatan transmisi cukup dengan mengganti oli secara berkala yang sudah dianjurkan oleh produsen mobil, umumnya 40.000 km untuk transmisi manual, dan 80.000 km untuk transmisi matik.

Yang jadi perhatian khusus adalah ketika Anda mengganti oli transmisi mobil matik, apakah mobil Anda menggunakan transmisi matik Konvensional atau menggunakan transmisi matik CVT.

Oli Transmisi CVT
Abdul Aziz Masindo
Oli Transmisi CVT

Baca Juga: Oli Transmisi Mobil Honda Harus Ganti di Kilometer Segini, Perhatikan

"Efek dari mengganti oli matik yang enggak sesuai spesifikasi, efeknya performa transmisi matik jadi enggak optimal, efek jangka panjang bisa dilakukan overhaul," kata Apuy, Owner dari bengkel Spesialis Automatic Transmission Sakira Abida Motor Tangerang.

Pria yang akrab disapa Apuy ini menjelaskan Oli mobil matic pada umumnya berjenis ATF untuk matik konvensional,dan CVTF untuk mobil dengan transmisi CVT.

Perbedaan ini dipicu dari perbedaan sistem kerja tiap jenis matik. Pada transmisi matik konvesional lebih sederhana. Tak terdapat chips elektronik yang terendam oli.

Oli Transmisi Matik Suzuki All New Ertiga
Abdul Aziz Masindo
Oli Transmisi Matik Suzuki All New Ertiga

"Cara kerja transmisi matik dan transmisi CVT berbeda, transmisi matik konvensional punya gir untuk perpindahan gigi, sedangkan CVT menggunakan belt atau sabuk baja, jadi butuh pelumas yang sesuai juga," katanya.

Pemilik bengkel spesialis matik ini menyarankan untuk membaca terlebih dahulu panduan buku servis dari pabrikan, bisa juga menanyakan ke bengkel resmi atau bengkel yang sudah terpercaya.

Baca Juga: Ini Tanda-tandanya Transmisi Otomatis Mobil Harus Overhaul Plus Biayanya

Posted : Rabu, 20 September 2023 | 10:05 WIB| Last updated : Rabu, 20 September 2023 | 10:05 WIB

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa