Ternyata Setir Mobil Pun Ada Palsunya Lho, Disebut Replika Bahannya Letoy, Kulitnya Kasar

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 11 Juli 2019 | 18:10 WIB
Bengkel Spesialis Setir Bobby Spec Rare Item
Abdul Aziz Masindo
Bengkel Spesialis Setir Bobby Spec Rare Item

Otoseken.id - Mengganti setir masih banyak digemari pemilik mobil, alasannya pun beragam, mulai dari karena mencari kenyamanan ataupun lebih ke upgrade penampilan.

Namun memilih setir juga harus mengetahui kualitasnya, apakah setir itu kualitas OEM atau malah hanya replika yang menyerupai OEM (KW).

Bobby selaku teknisi sekaligus pemilik bengkel spesialis setir Bobby Spec Rare Item di Mall MGK Kemayoran Jakarta ini membeberkan caranya.

"Setir yang orisinal pasti ada embos tulisan pabrikan, misalnya tulisan Honda, Mazda, Toyota yang letaknya di bagian dalam plang setirnya atau rangkanya," terang Bobby.

Embos Tulisan Honda di Setir
Abdul Aziz Masindo
Embos Tulisan Honda di Setir

(Baca Juga: Bobby Spec Rare Item, Bengkel Spesialis Setir Orisinal dan Copotan)

Selain itu, embos tulisan atau tulisan timbul pabrikan juga terpampang di airbag, namun beberapa jenis setir ada yang tulisan embos hanya berupa tulisan kode-kode saja.

Bobby menambahkan cara paling mudah tanpa harus membuka bagian tengah dan airbag adalah dengan merasakan bahan setir dan bobot setir.

"Bisa dirasakan dari bahannya, tekstur kulit ataupun karet yang orisinal lebih padat, lebih halus, sedangkan yang KW lebih tipis dan lembek," kata Bobby.

"Dari bobotnya juga beda, setir orisinal lebih berat dibandingkan yang KW atau replika" lanjutnya.

Editor : Arseen

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X