Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Katana GX Tahun 1993, Kemudi Lebih Ringan Berkat Power Steering

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 25 Agustus 2019 | 12:00 WIB
Suzuki Katana GX 1993
Dok. Tabloid Otomotif
Suzuki Katana GX 1993

Otoseken.id -  PT Indomobil Niaga International (IMNII yang memasarkan kendaraan ini), membuat Suzuki Katana versi 4x2, Kaum wanita pun tak segan mengemudikannya.

Yap agar setirnya mudah diputar, diperlukan power steering, untuk itulah IMNI menawarkan Katana GX yang dilengkapi power steering Nippon Denso pada saat itu.

Tim OTOMOTIF melakukan tes juga pada saat itu, tes yang dilakukan yaitu seberapa besar tenaga yang diperlukan untuk memutar setir saat mobil diam (parkir) dan pengaruhnya terhadap mesin.

Pada mobil diam (parkir), mesin stasioner dengan putaran 500-600 rpm, tenaga yang diperlukan untuk memutar setir mencapai 5,5 kg (tekanan angin ban sesuai ketentuan pabrik, 28 psi).

Tenaga pemutar ini sebenarnya jauh lebih enteng ketimbang setir standar yang mencapai 16 kg, namun untuk sebuah power steering belum begitu sempurna.

Suzuki Katana 1993
Dok. Otomotif Group
Suzuki Katana 1993

(Baca Juga: Bengkel Legenda di Pejaten, Jagonya Ngoprek Suzuki Jimny dan Katana)

Bisa jadi karena putaran mesin terlalu rendah dan tenaga mesin yang tersedia saat itu terbatas, di samping itu, saat setir diputar, putaran mesin juga tak langsung naik.

Namun begitu putaran mesin dinaikkan sampai 1.200 rpm atau AC dihidupkan, tenaga untuk memutar setir lebih ringan, pada kondisi ini tenaga yang diperlukan 4,5 kg.

Makin enteng lagi bila putaran mesin terus dinaikkan. dan pada putaran 3.500 rpm, tenaga dari power steering tak bisa ditingkatkan lagi. Malah cenderung jadi berat kembali.

Editor : Arseen
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa